Asal Usul Penamaan Hari

Asal Usul Penamaan Hari

Asal Usul Penamaan Hari
Asal Usul Penamaan Hari

Hari adalah sebuah

unit waktu yang diperlukan bumi untuk berotasi pada porosnya sendiri. Satu hari terdiri dari siang dan malam. Tetapi hari tidak termasuk unit Standar Internasional (SI) tetapi tetap diterima untuk kegunaan yang berhubungan dengan SI.
w
Kita memperoleh nama-nama hari bukan dari Bangsa Romawi tetapi dari Bangasa Anglo-Saxon, yang menamai sebagian besar dari hari-hari menurut nama dewa-dewa mereka, yang kurang lebih sama dengan dewa-dewa Bangsa Romawi.

Asal-Usul Penamaan Hari dalam Bahasa Internasional

  1. Hari Matahari menjadi ‘Sunnandaeg’, atau Sunday (Minggu). Sunday = Sun’s day = Hari penyembahan dewa matahari.
  2. Hari Bulan dinamakan ‘Monandaeg’, atau Monday (Senin). Monday = Moon’s day = Hari penyembahan dewi bulan.
  3. Hari Mars menjadi hari Tiw,yaitu dewa perang mereka. Ini menjadi ‘Tiwesdaeg’, atau Tuesday (Selasa). Tuesday = Tiw’s day = Hari penyembahan dewa tiw, atau tiwes, atau teves.
  4. Bukannya nama Merkurius, nama Dewa Woden diberikan menjadi Wednesday (Rabu). Wednesday = Woden’s day = Hari penyembahan dewa woden, atau wooden. woden = oden atau odin (dewa kayu/tumbuhan).
  5. Hari Romawi Yupiter, dewa guntur, menjadi hari guntur Dewa Thor, dan ini menjadi Thursday (Kamis). Thursday = Thor’s day = Hari penyembahan dewa thor.
  6. Hari berikutnya dinamakan Frigg, istri Dewa Odin, dan oleh karena itu kita mempunyai Friday (Jumat). Friday = Friy’s day = Hari penyembahan dewa friyy, atau frigg, atau frigid.
  7. Hari Saturnus menjadi ‘Saeterbsdaeg’, terjemahan dari bahasa Romawi, dan kemudian menjadi Saturday (Sabtu). Saturday = Saturn’s day = Hari penyembahan dewa saturnus.

Asal-Uusul Penamaan Hari dalam Bahasa Indonesia

  1. Minggu = Domingo, Portugis = hari minggu/pekan (satuan waktu 7 hari)
  2. Senin = Itsnain ( إثنين ) Arab = Dua, atau hari ke-2
  3. Selasa = Tsalasa ( ثُّلَاثاء ) Arab = Tiga, atau hari ke-3
  4. Rabu = Arba’a ( أَرْبعاء ) Arab = Empat, atau hari ke-4
  5. Kamis = Khamis ( خَمِيس ) Arab = Lima, atau hari ke-5
  6. Jum’at = Jum’at ( جُمْعَة ) Arab = berjama’ah, atau hari berjama’ah di masjid
  7. Sabtu = Sabtu ( سَّبْت ) Arab = hari Sabat, hari ibadah umat Nabi, Yusuf, Ayyub, Musa, Harun, Dawud, Sulaiman, Ilyas, Ilyasa, Zakariya, Yahya, ‘Isa AS Para Nabi keturunan Bani Isra’il.

Sumber : https://merekbagus.co.id/