Biografi Singkat Pahlawan Pattimura

Biografi Singkat Pahlawan Pattimura

Biografi Singkat Pahlawan Pattimura
Biografi Singkat Pahlawan Pattimura

Kepulauan Maluku yang terkenal sebagai kepulauan rempah-rempah mengundang banyak sekali bangsa besar yang ingin datang untuk menguasainya, terkhusus oleh bangsa Eropa, mulai dari kedatangan bangsa Spanyol, Portugis, Inggris dan kemudian bangsa Belanda yang memonopoli perdagangan dengan cara yang salah. Hal inilah yang menjadi alasan bangsa Maluku melakukan pemberontakan.

Permulaan abad ke-19, penduduk Maluku mengadakan perlawanan bersenjata melawan V.O.C1 (Belanda) yang ingin menjadi penguasa tunggal dalam dunia perdagangan didaerah jajahan yaitu Maluku.

V.O.C menggunakan kekuasaan kerajaan sekitar Maluku untuk meluaskan kekuasaannya. Pada hakekatnya, nafsu kaum penjajah untuk menguasai rempah-rempah inilah yang menjadi penyebab bangsa Maluku melakukan perlawanan.

Menurut M. Sapija, sebab-sebab perlawanan rakyat Maluku dibagi menjadi empat bagian :

  • Penindasan dan penghisapan dengan jalan curang atau pemerasan (knevelarij) terhadap penduduk Maluku yang terutama dilakukan oleh para pembesar belanda pada zaman Oost Indische Compagnie dan juga pada zaman Residen Van den Berg dengan mendapat perlindungan dari monopoli V.O.C.
  • Ketidakpuasan rakyat terhadap peraturan-peraturan gubernur Van Middlekoop antara lain peraturan yang mewajibkan penduduk negeri menyediakan perahu-perahu untuk keperluan pemerintah Belanda, peraturan-peraturan dimana pada masa kekuasaan Inggris telah dihapuskan.
  • Kekurangan uang yang diderita oleh pemerintah Belanda pada masa itu.
  • Sifat kritis dari penduduk Maluku untuk membandingkan perbuatan-perbuatan pemerintah yang dulu dengan peraturanperaturan pemerintah yang sekarang.

Pelopor utama pergerakan perlawanan bangsa Maluku adalah Thomas Matulessy yang dikenal dengan nama Kapitan Pattimura

Sosok Pattimura adalah sosok yang menjadi pelopor dan membuka perlawanan bersenjata terhadap Belanda yang kemudian diikuti oleh para pahlawan dari daerah- daerah lainnya di Maluku.

Biografi Singkat Pattimura

Thomas Matulessy alias Kapitan Pattimura lahir di desa Haria pulau Saparua pada tanggal 8 juni 1783. Thomas adalah keturunan dari keluarga besar Matulessia (Matullessy) di desa Haria pulau Saparua. Pattimura beragama Kristen Protestan. Ia adalah mantan sersan mayor dinas militer Inggris. Ia bisa membaca dan menulis. juga memperoleh didikan militer, dan karena pendidikannya itu, dia diangkat menjadi pemimpin pemberontakan.

Baca juga artikel: