Dampak Hubungan dengan Kebudayaan India

Dampak Hubungan dengan Kebudayaan India

Dampak Hubungan dengan Kebudayaan India
Dalam pengaruhnya pada kebudayaan Indonesia, pengaruh Hindu meliputi tiga bidang yakni agama, bangunan dan kebudayaan. Selain itu, dari sudut kronologi terdapat dua macam pengaruh di Indonesia, yaitu :
  1. Pengaruh Hindu aktif, pengaruh Hindu aktif adalah suatu periode dalam sejarah di mana pengaruh Hindu secara langsung dan aktif membantu perkembangan kebudayaan di Indonesia. Periode ini berlangsung dari abad ke-1 sampai ke-16 (akhir kerajaan Majapahit)
  2. Pengaruh Hindu pasif, yaitu pengaruh Hindu yang tidak secara langsung mempengaruhi kebudayaan Indonesia, karena kerajaan-kerajaan yang berpengaruh Hindu telah lenyap. Meskipun demikian unsur-unsur kebudayaan Hindu masih melekat dan menjadi salah satu unsur kebudayaan. Periode ini berlangsung dari abad ke-16 hingga sekarang.
Kebudayaan India yang masuk ke Indonesia telah membawa perubahan pesar terhadap peradaban di Indonesia. Bangsa India telah membawa pengaruh Hindu dan Buddha yang kemudian menyebar ke berbagai aspek di dalam masyarakat dan ketatanegaraannya. Pengaruh ini tidak hanya dapat dirasakan zaman dahulu ketika Kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha masih berjaya, akan tetapi sekarang pun kebudayaan Hindu ini masih dapat kita rasakan. Selain dalam bidang agama, India juga membawa pengaruh dalam bidang perdagangan yang sudah terjalin dengan baik dengan bangsa India ini.
sumber :