Definisi Dari pengertian Tsunami

Definisi Dari pengertian Tsunami

Definisi Dari pengertian Tsunami
Definisi Dari pengertian Tsunami

Pembahasan dilengkapi dengan penyebab tsunami dan beberapa fakta yang berhubungan dengan tsunami. simak selengkapnya dibawah ini

Defenisi Tsunami

Menurut wikipedia Tsunami berasal dari bahasa jepang yaitu tsu yang berarti pelabuhan, dan nami yang berarti gelombang.
Pengertian Tsunami adalah perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba. Perubahan permukaan laut tersebut bisa disebabkan oleh letusan gunung berapi bawah laut, gempa bumi yang berpusat di bawah laut, longsor bawah laut, atau atau hantaman meteor di laut.
Gelombang tsunami ini dapat merambat ke segala arah. Di laut yang dalam, gelombang tsunami berjalan dengan kecepatan  sampai dengan 1000 km per jam. Setara dengan kecepatan pesawat terbang.
Ketinggian gelombang di laut yang dalam hanya sekitar 1 meter. Dengan demikian, laju gelombang tidak terasa oleh kapal yang sedang berada di tengah laut. tapi Ketika mendekati pantai, kecepatan gelombang tsunami menurun, namun ketinggiannya sudah meningkat hingga mencapai puluhan meter.
Sejarah mencatat setidaknya telah terjadi 196 tsunami dijepang tinggi gelombang dan dampak yang di timbulkan pun bervariasi.

Penyebab Terjadinya Tsunami

Gerakan vertikal pada kerak bumi, menyebabkan dasar laut menjadi naik atau bisa saja turun secara tiba-tiba, akibatnya terjadilah gamngguan pada keseimbangan air laut. Hal ini mengakibatkan terjadinya aliran energi air laut, yang ketika sampai di pantai menjadi gelombang besar yang mengakibatkan terjadinya tsunami.

Kecepatan gelombang tsunami

Tergantung pada kedalaman laut di mana gelombang itu terjadi, dimana kecepatannya bisa mencapai ratusan kilometer per jam. Bila tsunami mencapai pantai, kecepatannya akan menjadi kurang lebih 50 km/jam dan energinya sangat merusak daerah pantai yang dilaluinya. Kerusakan dan korban jiwa yang terjadi karena Tsunami bisa diakibatkan karena hantaman air maupun material yang terbawa oleh aliran gelombang.