Fungsi Zakat Lengkap

Fungsi Zakat Lengkap

Fungsi zakat

Sahabat pencinta zakat, kali ini admin akan berbagi informasi menarik serta penting yang menerangkan tentang fungsi zakat. Sebelumnya admin juga sudah membuat artikel tentang zakat fitrah yang sering menjadi pertanyaan orang yang akan berzakat fitrah yaitu apakah zakat fitrah bisa dengan uang, anda bisa membacanya dengan meng klik link tersebut.

Kembali ke topik artikel ini, pertanyaan ini juga mungkin sering muncul dibenak anda yang sudah atau akan berzakat. Salah satu fungsi dari berzakat tentu saja adalah membuat kita taat kepada Alloh SWT, karena zakat adalah salah satu perintah Alloh SWT yang wajib dikerjakan, jika kita mengaku hamba Alloh maka zakat ini tidak boleh ditinggalkan. Baca selengkapnya tentang fungsi zakat dibawah ini.

Hadist Fungsi Zakat

Zakat adalah al-ibadah al-maaliyah al-ijtimaiyyah, yaitu ibadah di bidang harta yang memiliki posisi serta kedudukan yang sangat penting dan strategis dalam meningkatkan kesejahteraan umat untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari, pemenuhan kebutuhan ekonomi, kesehatan, dan lain lain.

Zakat juga memiliki fungsi untuk mendorong kejujuran dalam melaksanakan kegiatan ekonomi. Sabda Rosululloh SAW:

Muslim

“Sesungguhnya Alloh SWT tidak akan menerima sholat tanpa bersuci dan tidak pula (menerima) shodaqoh yang ada unsur tipu daya.” (H.R. Muslim)

Zakat juga bisa digunakan untuk mengoptimalkan kegiatan dakwah penegakan kalimatulloh. seperti yang dijelaskan pada ayat berikut yang

(Q.S. Al-Baqoroh: 273)

artinya: “Berinfaklah kepada orang-orang yang fakir yang terikat (oleh jihad) di jalan Alloh; mereka tidak dapat (berusaha) di muka bumi; orang yang tidak tahu menyangka mereka orang kaya karena memelihara diri dari minta-minta. Kamu kenal mereka dengan melihat sifat-sifatnya, mereka tidak meminta kepada orang-orang secara mendesak. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Alloh), maka sesungghunya Alloh maha mendengar maha mengetahui”

Sahabat pencinta zakat, itulah tadi fungsi fungsi dari zakat. Semoga bermanfaat dan semoga setelah membaca artikel ini anda menjadi lebih bersemangat lagi untuk mengerjakan salah satu perintah Alloh yaitu zakat.

Baca Juga: