Generasi Muda Seram Harus Jadi Penentu Kebangkitan Rakyat

Generasi Muda Seram Harus Jadi Penentu Kebangkitan Rakyat

Generasi Muda Seram Harus Jadi Penentu Kebangkitan Rakyat
Generasi Muda Seram Harus Jadi Penentu Kebangkitan Rakyat

Generasi Muda Seram (GMS) saat ini sudah harus menjadi penentu kebangkitan bagi rakyat, khususnya di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku Tengah, Seram Bagian Timur (SBT) maupun bagi masyarakat di Provinsi Maluku secara umum, dalam rangka pengembangan dan kemajuan bangsa di daerah ini.

Hal tersebut disampaikan Novita Anakotta, SH. MH pada sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan (EPK) yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika bagi siswa SMA Negeri 5 Kairatu di Negeri Huwaloy Kabupaten SBB Senin (13/6) kemarin.

EPK bukan hanya untuk disosialisasikan sebagai prasyarat kebutuhan dan

ketentuan sebagai anggota DPD-RI perwakilan Maluku di MPR-RI, namun yang terpenting adalah bagaimana EPK dijabarkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sekaligus sebagai penyokong serta penyangga kebersamaan dan penyatuan kultur maupun sosial budaya di daerah ini.

Menurut Novita, EPK yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, sangat menjiwai serta menjadi pondasi bangsa Indonesia dalam menjamin berdirinya negara dalam bingkai kesatuan yang kokoh.

Selain itu EPK juga akan selalu menjamin terwujudnya ketertiban, keamanan,

kenyamanan, serta mampu mengantarkan bangsa Indonesia menuju terwujudnya keadilan dan kesejahteraan bangsa baik di dalam negara sendiri, maupun di mata bangsa-bangsa di dunia.

“Makna ini sangat penting, karena akan menjadi faktor pendorong kepada generasi muda Maluku terutama di pulau Seram, sehingga EPK yang disosialisasikan ini bisa mengakar serta bertumbuh dalam peradaban dan pemaknaannya, kepada generasi muda selaku tonggak perjuangan dan pembangunan bangsa Indonesia di daerah ini,”tegasnya.

Dengan adanya sosialisasi EPK ini senator asal Maluku itu mengharapkan,

sebagai generasi muda harus mampu memaknai dan memahami EPK yang bukan saja sebagai pengetahuan.

Namun yang sangat penting adalah dapat menginspirasi kehidupan pribadi, kelompok, keluarga maupun sebagai generasi muda bangsa, untuk berkarya dalam berbagai keragaman beragama, budaya dan sosial, guna mewujutkan cita-cita pembangunan bangsa di daerah ini,”harapnya.(TM08)

 

Baca Juga :