Hadits tentang zakat

Hadits tentang zakat

Hadits tentang zakat
Hadits tentang zakat

Sahabat pencinta zakat, kali ini admin akan berbagi informasi penting tentang hadits hadits yang shohih mengenai zakat. Sebelumnya admin juga sudah membuat artikel penting tentang apakah zakat profesi itu ada ? Jika anda penasaran, temukan jawabannya pada artikel tersebut.

Zakat adalah perintah Alloh yang wajib dilakukan oleh setiap hambanya yang kena kewajiban zakat. Tetapi didalam al-quran, dalil dalil tentang zakat masih umum dan tidak rinci, oleh karena itu perlu penjelasan rinci tentang cara-cara maupun apa saja yang wajib dizakati, dan penjelasan rinci tersebut bisa kita dapatkan dari hadits-hadits shohih Rosululloh. Lalu apa saja hadits hadits yang berkaitan dengan zakat ? Silahkan simak hadits tentang zakat shohih berikut ini.

Hadits Tentang Zakat

Dibawah ini adalah kumpulan hadits tentang zakat yang shohih yang bisa anda pakai sebagai referensi anda dalam beribadah.

Hadits Wajib Zakat

“Dari Abu Hurairah r.a. Sesungguhnya seorang Arab datang kepada Nabi SAW lalu ia bertanya, “Tunjukkanlah kepadaku atas amal-amal yang jika aku mengamalkannya aku akan masuk surga.” Rosul SAW menjawab, “Beribadahlah engkau kepada Alloh jangan menyekutukan-Nya sedikitpun, engkau mendirikan sholat maktubah, engkau menunaikan zakat mafrudhoh, dan engkau laksanakan shaum ramadhan,” ia berkata, “Demi yang jiwaku di genggaman-Nya, aku tidak akan menambah atas ini” Dan ketika orang itu pergi, Rosul SAW bersabda, “Siapa yang ingin melihat seorang ahli surga, lihatlah orang ini.” (H.R. Bukhori)

“Islam didirikan atas limar dasar: Mengikrarkan bahwa tidak ada Tuhan selain Alloh dan Muhammad adalah utusan Alloh, mendirikan sholat, membayar zakat, menunaikan haji, dan berpuasa pada bulan Romadhon.” (H.R. Muttafaq Alaihi)

Hadits Tentang Akibat Tidak Mau Mengeluarkan Zakat

“Siapa yang dikaruniai oleh Alloh kekayaan tetapi tidak mengeluarkan zakatnya, maka pada hari kiamat nanti ia akan didatangi oleh seekor ular jantan gundul, yang sangat berbisa dan sangat menakutkan dengan dua bintik diatas kedua matanya, lalu melilit dan mematuk lehernya sambil berteriak, “Saya adalah kekayaanmu, saya adalah perhiasanmu, yang kau timbun-timbun dahulu.” Lalu Nabi SAW membaca ayat, “sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Alloh berikan kepada mereka dari karuniaNya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak dilehernya di hari kiamat”.

Sabda Nabi SAW:
“Golongan orang orang yang tidak mengeluarkan zakat akan Alloh timpakan kepada mereka kelapaan dan kemarau panjang.” (H.R. Thabrani)

“Bila mereka tidak mengelurakan zakat, berarti mereka menghambat hujan turun, seandainya binatang tidak ada, pastilah mereka tidak akan diberi hujan.” (H.R. Ibnu Majah)

Hadits Tentang Zakat Fitrah

“Rosululloh SAW telah mewajibkan zakat fitrah untuk menyucikan orang yang shaum dari segala perkataan yang keji dan buruk yang mereka lakukan selama mereka shaum, dan untuk menjadi makanan bagi orang-orang yang miskin.” (H.R. Abu Daud)

Hadits Tentang Zakat Mal

“Tidak ada seorang pun yang mempunyai emas dan perak yang dia tidak berikan zakatnya, melainkan pada hari kiamat akan dijadikan hartanya itu beberapa keping api neraka. Setelah dipanaskan didalam neraka jahannam, kemudian digosokkan pada lambung, dahi, dan punggungnya, dengan kepingan itu; setiap kepingan itu dingin, akan dipanaskan kembali. Pada (hitungan) satu hari yang lamanya 50 ribu tahun, sehingga Alloh menyelesaikan urusan dengan hambanya.” (H.R. Muslim)

Sumber: https://www.dutadakwah.co.id/bacaan-teks-khutbah-nikah-bahasa-arab-latin-dan-terjemahannya/