Hardware seperti apa yang saya butuhkan

Hardware seperti apa yang saya butuhkan

Hardware seperti apa yang saya butuhkan
Hardware seperti apa yang saya butuhkan

J: Komputer pribadi (PC, personal computer) dulu kurang memiliki daya komputasi dan memori sedikit, sehingga membatasi proses belajar hacker. Sudah agak lama kenyataannya tidak lagi demikian. Setiap mesin mulai dari 486DX50 ke atas sudah lebih dari cukup untuk development, X, dan komunikasi Internet, dan harddisk terkecil yang bisa Anda beli sekarang sudah cukup besar.

Yang penting dalam memilih hardware adalah apakah kompatibel dengan Linux (atau BSD, jika Anda memilih OS itu). Lagi-lagi, hardware modern kebanyakan kompatibel; yang masih kurang banyak kompatibel adalah modem dan printer; beberapa mesin mengandung hardware yang spesifik Windows dan tidak akan bekerja dengan Linux.

Ada FAQ tentang kompatibilitas hardware, versi terakhirnya ada di sini.

T: Apakah saya harus membenci dan menjelek-jelekkan Microsoft?

J: Tidak perlu. Bukannya Microsoft itu menjijikkan, tapi sudah ada budaya hacker jauh sebelum Microsoft dan juga akan ada nanti setelah Microsoft menjadi sejarah. Energi yang Anda berikan untuk membenci Microsoft barangkali lebih baik dikerahkan untuk mencintai pekerjaan Anda. Tulislah kode yang bagus — itu yang akan cukup menjelekkan Microsoft tanpa mengotori karma Anda.

T: Tapi bukankan dengan software open-source programer tidak akan dapat memperoleh nafkah?

J: Kemungkinan besar tidak — sejauh ini, industri software open-source justru menciptakan ketimbang menghilangkan lapangan pekerjaan. Jika ditulisnya suatu program akan menciptakan keuntungan bersih secara ekonomi, seorang programer tetap akan memperoleh bayaran terlepas dari apakah programnya itu akan menjadi program bebas atau tidak. Dan, terlepas dari sebanyak apa pun software bebas yang telah ditulis, selalu ada kebutuhan akan aplikasi yang baru dan dibuat sesuai pesanan. Di halaman web Open Source (http://www.opensource.org/), saya menulis lebih jauh tentang hal ini.

T: Bagaimana caranya mulai? Di mana saya bisa mendapatkan versi Unix bebas?

J: Di bagian lain tulisan ini saya telah memberi petunjuk tempatnya. Untuk menjadi hacker Anda memerlukan motivasi dan inisiatif dan kemampuan untuk belajar mandiri. Mulailah sekarang.

Footnote

1 Demigod, hacker yang telah memiliki pengalaman bertahun-tahun, memiliki reputasi kelas dunia, dan berperan penting dalam pengembangan rancangan, tool, atau game yang dipakai/dikenal oleh minimal separuh komunitas hacker (dari Jargon File 4.1.2).

2 Nerd, seseorang yang memiliki IQ di atas rata-rata, kurang mampu bercakap-cakap atau melakukan ritual sosial lainnya. (dari Jargon File 4.1.2).

**

Terjemahan Indonesia dari How To Become A Hacker oleh Eric S. Raymond . Diterjemahkan oleh Steven Haryanto < steven@haryan.toEmail telah dilindungi dari Spam Bots, Anda harus mengaktifkan Java untuk dapat melihatnya >. Pertama diterjemahkan 31 Juli 1999. Update ke revisi 1.7 dan perbaikan terjemahan tanggal 19 Mei 2001.

Sumber : https://earlraytomblin.com/