Hati-hati, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UII Diwarnai Penipuan

Hati-hati, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UII Diwarnai Penipuan

Hati-hati, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UII Diwarnai Penipuan
Hati-hati, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UII Diwarnai Penipuan

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta heboh. Pasalnya penerimaan seleksi mahasiswa baru (maru) tersebut diwarnai adanya penipuan.

Adapun modus penipuan yang dipergunakan pelaku yakni dilakukan dengan mengatasnamakan seorang pimpinan dan panitia seleksi Universitas Islam Indonesia (UII) bernama Ilya Fadjar Maharika yang bisa memberikan jaminan masuk sebagai mahasiswa baru.

Ketua PMB UII Yogyakarta Arief Rachman mengatakan, upaya penipuan itu diketahui dari laporan yang diterimanya oleh calon mahasiswa baru. Dalam aksi penipuannya, calon maru dihubungi oleh penipu melalui telepon menanyakan dan mengkonfirmasi mengenai data pendaftarannya. Setelah itu, pelaku menjelaskan siapa dirinya dan mengaku memiliki kuota untuk mahasiswa baru.

Bila menyetujui permintaannya, maka calon korbannya diminta melakukan

transfer ke nomor rekening tertentu baik sebelum ataupun setelah dinyatakan diterima. “Penelepon juga menyampaikan Surat Keputusan Rektor palsu dan menginformasikan pembayaran registrasi pertama dapat diangsur sesuai dengan kemampuan,” katanya, Selasa (13/3).

Atas laporan yang diterimanya itu, ia pun mengimbau apabila pendaftar atau calon mahasiswa baru UII menerima telepon dengan ciri-ciri itu dapat dipastikan bahwa informasi tersebut merupakan bentuk penipuan.

Sebab pihaknya tidak pernah memberikan wewenang kepada seseorang atau lembaga, untuk merekomendasikan seseorang membantu pelaksanaan tes masuk UII baik dengan pembayaran sejumlah uang maupun tidak.

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UII sendiri hanya dilakukan melalui pola

seleksi Computer Based Test (CBT), Paper Based Test (PBT) Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB) dan Penelusuran Hafiz Alquran (PHA). “Tidak ada jalur lain untuk dapat diterima sebagai calon mahasiswa baru UII,” ucapnya.

Pengumuman kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UII hanya akan

disampaikan melalui laman resmi kampus. Serta proses seleksi maupun registrasi tidak pernah melalui telepon mengatasnamakan pimpinan kampus.

Menindaklanjuti adanya laporan penipuan terhadap calon mahasiswa yang mengatasnamakan Pimpinan UII atau Panitia PMB UII, pihaknya pun telah membentuk tim investigasi dan bekerjasama dengan pihak kepolisian.

 

Sumber :

https://egriechen.info/kalimat-majemuk-bertingkat/