Heboh! Soal dan Jawaban USBN 2018 Bocor

Heboh! Soal dan Jawaban USBN 2018 Bocor

Heboh! Soal dan Jawaban USBN 2018 Bocor
Heboh! Soal dan Jawaban USBN 2018 Bocor

Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) membenarkan adanya grup WhatsApp dan Line yang membocorkan soal dan jawaban Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SMA/SMK.

Ketua FAGI, Iwan Hermawan mengatakan, grup tersebut berisi ratusan

anggota yang dikomando oleh satu admin bernama panggilan “Kaka”. Meskipun awalnya diketahui dari Bandung, pihaknya menduga anggota grup berasal dari seluruh Jabar.

“Mungkin (seluruh Jabar), karena anggota grupnya ratusan, bukan hanya puluhan. Kalau ratusan berarti bisa. Karena paket 1 sampai 6 Fisika itu untuk se-Jabar bukan hanya Kota Bandung,” kata Iwan usai menghadiri Rapat Kerja dengan Komisi V DPRD Jabar di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Bandung, Senin (26/3).

Iwan menuturkan, keberanian guru untuk mengungkap kasus seperti ini tidak mudah. Pasalnya, jika berani mengambil langkah risiko yang diterima guru sangat besar.

“Jika membuka akan dapat risiko, baik dari atasannya, baik dari kelompok-

kelompok membocorkannya , karena membongkar persoalan ini bukan hal yang mudah,” ungkap Iwan.

Namun, kata Iwan, dirinya tidak berani menuduh adanya keterlibatan pihak sekolah dalam bocornya USBN. Menurutnya, kemungkinan kasus ini sangat beragam.

“PC yang aktif dengan internet pun bisa dicuri sama orang lain tanpa

mengambil langsung, karena memang komputer-komputer sekolah sudah koneksi dengan internet. Pihak luar bisa mengambil tanpa dibocorkan oleh orang yang membuat soal atau memegang soal tersebut,” jelas Iwan.

Iwan menambahkan, ketika salah satu anggotanya masuk ke dalam grup tidak dipungut sepeser pun. Serta, tidak ada syarat tertentu ketika ada yang ingin masuk grup.

“Saya tidak tahu, rasanya gak ada (bayaran),” pungkas Iwan

 

Sumber :

https://jeffmatsuda.com/sejarah-radiologi/