Hubungan dengan Kebudayaan Cina

 Hubungan dengan Kebudayaan Cina

 Hubungan dengan Kebudayaan Cina
Dalam hubungan dagang antara Cina dan Indonesia telah terjadi hubungan pelayaran langsung antara keduanya. Bukti pasti mengenai pelayaran kedua tempat tersebut berasal dari abad ke-V M. hubungan perdagangan antara kerajaan-kerajaan di Indonesia dengan Cina pada umumnya disimpulkan dari utusan-utusan mereka. Hubungan antara kedua negara ini pun tidak selalu mengenai masalah perdagangan. Seperti perutusan dari P’oli dan Tan-tan yang membawa surat berisi pujian terhadap kaisar karena jasanya untuk agama Buddha.
1. Bukti-Bukti Sejarah
Cover buku Nan Zhou I Wou Chih
Sebuah laporan Cina yang berjudul Nan Zhou I Wou Chih ditulis oleh Wan Zhen (222-280 M) menyebutkan tentang gunung berapi di Si Tiao. Si Tiao memiliki tanah yang subur dan penduduknya memakai pakaian dari kulit kayu. Yang dimaksud dengan Si Tiao adalah Pulau Jawa. Diperkirakan sebelum tahun Masehi sudah ada hubungan dagang antara bangsa Cina dengan Indonesia. Hal ini dilaporkan oleh para pedagang Cina yang berkunjung ke Indonesia.

2. Pengaruh Hubungan dengan Peradaban Cina

Keberhasilan Indonesia untuk dapat berdagang dengan Cina telah menunjukkan tahap nyata dari perkembangan masyarakat Indonesia. Setelah bangsa Indonesia dapat berdagang langsung dengan Cina, Indonesia dapat mendapatkan kedudukan tersendiri dalam perdagangan Internasional. Kapal-kapal Indonesia melayari jalur-jalur pelayaran perdagangan dari India hingga Cina. Datangnya pedagang Cina di Indonesia juga telah meningkatkan pertumbuhan perdagangan. Hal tersebut mendukung perkembangan kerajaan-kerajaan di Indonesia menjadi kerajaan maritim yang memiliki pengaruh yang besar.
Hubungan dagang ini juga mengakibatkan orang-orang Indonesia dapat sampai ke Cina, dan sebaliknya. Pengaruh hubungan Cina dengan Indonesia tidaklah sebesar pengaruh India terhadap Indonesia. Hubungan dengan India telah mengakibatkan perubahan-perubahan dalam ketatanegaraan di sebagian wilayah Indonesia. Selain itu juga mengakibatkan perubahan dalam tata dan susunan masyarakat sebagai akibat dari penyebaran agama Hindu-Buddha. Pengaruh Cina ke Indonesia jauh lebih kecil.
Pengaruh Cina ke Indonesia tidaklah sebesar pengaruh India, akan tetapi Cina yang sejak dahulu telah dikenal karena perdagangannya juga telah memberi pengaruh yang berarti dalam peradaban Indonesia. Karena perdagangannya dengan Cina, Indonesia dapat semakin memperluas perdagangannya yang berdampak pada semakin majunya kerajaan-kerajaan di Indonesia saat itu.
baca juga :