Hubungan pola asuh ibu dengan kemandirian toilet training anak usia toddler

Pola asuh demokratis yang di terapkan

oleh ibu kepada anaknya membuat anak–anak mereka menjadi mandiri. Hasil dari gaya pengasuhan yang demokratis : menghasilkan karakteristik anak yang mandiri, dapat mengontrol diri, mempunyai hubungan baik dengan teman, mampu menghadapi stress, mempunyai minat terhadap hal–hal baru dan kooperatif terhadap orang lain.

KESIMPULAN

  1. Interaksi antara anak dan orang tua akan menimbulkan keakraban dalam keluarga, begitu juga ketika orang tua memberikan training toilet pada anak, akan tercipta hubungan erat saling menyayangi antara keduanya.
  2. Toilet training adalah proses  pengajaran untuk buang air besar dan buang air kecil secara benar dan teratur, sehingga anak menjadi pribadi yang mandiri.
  3. Pelaksanaan  toilet training dapat dimulai sejak dini untuk melatih respon terhadap kemampuan untuk buang air kecil dan buang air besar.
  4. Mengingat pentingnya Toilet Training maka tugas tenaga kesehatan untuk meningkatkan  perannya  dalam  pembelajaran salah satunya  adalah memberikan pendidikan  kesehatan tentang toilet training atau juga  membantu orang tua guna mengidentifikasikan  kesiapan anaknya untuk toilet training.

sumber :

 

https://icanhasmotivation.com/cara-beli-mobil-bekas-online/