Identifikasi Masalah PELAKSANAAN PENGAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Identifikasi Masalah PELAKSANAAN PENGAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Identifikasi Masalah PELAKSANAAN PENGAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Identifikasi Masalah PELAKSANAAN PENGAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Pendidikan sebagai proses investasi sumber daya manusia dan moral social merupakan proses yang tidak mengenal akhir. Selama ini, bangsa Indonesia terus berupaya membenahi pendidikan nasional, yaitu pendidikan yang tumbuh dan berkembang di atas landasan kebudayaan nasional. Masyarakat, bangsa, dan negara yang kokoh dan kuat ikatan nasionalnya itu hanya mungkin terbentuk apabila terbangun dan dikembangkan atas dasar pendidikan pula. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, mewajibkan pendidikan kewarganegaraan diajarkan di setiap jenjang pendidikan, begitu juga di SMP Negeri 1 Berbah diajarkan pendidikan kewarganegaraan.

Pembentukan wawasan kebangsaan pada dasarnya dapat dipengaruhi oleh banyak faktor yang sangat terkait baik yang berasal dari dalam diri siswa (internal) maupun dari luar diri siswa (eksternal). Pada hakekatnya tidak ada faktor tunggal yang secara otomatis mempengaruhi pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa. Faktor-faktor yang dimaksud secara lebih konkret misalnya: akitivitas siswa dalam membaca buku pendidikan kewarganegaraan, sarana prasarana, eksistensi guru sebagai mediator dalam proses pembelajaran, pelaksanaan pengajaran pendidikan kewarganegaraan dan lain sebagainya. Baca juga: Kata Serapan

Berdasarkan uraian di atas maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pelaksanaan pengajaran pendidikan kewarganegaraan dalam upaya pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011.

Pembatasan Masalah

Suatu penelitian agar tidak terjadi kesalpahaman yang terlalu jauh haruslah ditentukan pembatasan masalah penelitian. Adapun pembatasan masalah dalam penelitian ini antara lain:

Objek Penelitian

Yang menjadi objek penelitian ini adalah pelaksanaan pengajaran pendidikan kewarganegaraan dalam upaya pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011.

Subjek Penelitian

Yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru pendidikan kewarganegaraan kelas VIII SMP Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011.