Implementasi Sistem

Sistem informasi berbasis fingerprint ini meningkatkan pelayanan pendaftaran pasien di Rumah Sakit dan mempercepat pengidentifikasian pasien baru atau lama. Yang dibuat  menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0 dengan database SQL Server 2000 dan peralatan tambahan berupa fingerprint scanner.

Data pendataran pasien rawat jalan diinputkan ke form ini dengan menekan tombol Tambah, nomor register akan muncul secara otomatis, kemudian pilih tombol cari di sebelah kotak isian ID Finger untuk memverifikasi apakah sidik jari pasien sudah didaftarkan atau belum.

Jika hasilnya macth (cocok), secara otomatis form pendaftaran akan terisi data pasien. Jika hasilnya not found (tidak ditemukan), maka akan muncul form registrasi data sidik jari.

Setelah form registrasi data sidik jari tampil, klik tombol Tambah untuk menambah record data sidik jari. Nomor rekam medis dapat diisi dengan melakukan pencarian data pasien untuk pasien lama atau dapat menginput nomor rekam medis untuk pasien baru dengan  klik tombol Input Pasien. Kemudian klik tombol Simpanmaka akan muncul form registrasi Templates sidik jari.

Tekan Cancel untuk membatalkan registrasi sidik jari atau klik tombol OK untuk kembali ke form pendaftaran dan secara otomatis menampilkan data yang telah diinputkan.

sumber :