Jenis dan Ruang Lingkup Perencanaan

Adapun definisi perencanaan menurut Jhingan ML yaitu, perencanaan adalah teknik atau cara untuk mencapai tujuan, untuk mewujudkan maksud dan sasaran tertentu yang telah ditentukan sebelumnya dan telah dirumuskan dengan baik oleh Badan  Perencanaan Pusat atau lainnya.

Jenis-jenis perencanaan diantaranya:

  1. Ruang lingkup substantif
  2. Perencanaan sosial

Perencanaan yang berorientasi dan bermotifasi kepada segi-segi kehidupan masyarakat. Perencanaan sosial merupakan aplikasi nilai-nilai sosial (needs an preference) kedalam perencanaan fisik. Didalam perencanaan sosial mencakup 3 komponen, yaitu :

  • Kebutuhan sosial (social needs); antara lain : hubungan individu dan masyarakat, rasa aman, harga diri, esteem, sopan santun, dsb.
  • Modal sosial (social capital), misalnya : organisasi sosial, tokoh masyarakat, kelembagaan sosial, dsb.
  • Pelayanan sosial (social services), misalnya : rekreasi, pendidikan, kesehatan, keamanan, perumahan, dsb.
  1. Perencanaan ekonomi

Perencanaan pembangunan yang berorientasi dan bermotivasi kepembangunan ekonomi. Perencanaan ekonomi tergantung sistem ekonomi yang dianut oleh masyarakat suatu negara. Sistem ekonomi sendiri tergantung pada ideologi negara yang bersangkutan dan pengaruh negara lainnya. Ada 2 sistem ekonomi, yaitu :

  • Ekonomi pasar (market economy), yaitu kegaitan ekonomi yang dijalankan masyarakat mengikuti mekanisme pasar yang bersaing secara bebas menurut prinsip atau hukum ekonomi.

baca juga :