Jenis-Jenis Kebutuhan Berdasarkan Intensitasnya

Jenis-Jenis Kebutuhan Berdasarkan Intensitasnya

Jenis-Jenis Kebutuhan Berdasarkan Intensitasnya
Jenis-Jenis Kebutuhan Berdasarkan Intensitasnya
Kebutuhan insan yang tidak terbatas dan bermacam-macam itu sanggup dibedakan menjadi beberapa bentuk kebutuhan, yaitu kebutuhan menurut intensitasnya, bentuk dan sifatnya, subjek
yang membutuhkannya, waktu pemenuhannya, dan wujudnya.Berdasarkan intensitasnya, kebutuhan sanggup dibedakan menjadi kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.

1 ) Kebutuhan primer

Primer berasal dari kata primus, yang berarti pertama. Kebutuhan primer ini disebut juga kebutuhan alamiah lantaran kebutuhan ini berkaitan bersahabat dengan kodrat kita sebagai manusia.

Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi untuk kelangsungan hidup manusia. Kebutuhan primer disebut juga kebutuhan pokok.

Seandainya kebutuhan primer tidak dipenuhi, kelangsungan hidup insan akan terganggu. Contoh kebutuhan primer, antara lain makan, minum, pakaian, dan daerah tinggal.

2 ) Kebutuhan sekunder

Kebutuhan sekunder yakni kebutuhan yang dipenuhi sesudah kebutuhan pokok terpenuhi. Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan atau embel-embel kebutuhan pokok. Kebutuhan sekunder setiap orang sanggup berbeda-beda.

Contoh kebutuhan sekunder, antara lain radio, perabot rumah tangga, pendidikan, tas, sepeda motor, meja, kursi, alat tulis, dan alat olah raga.

3 ) Kebutuhan tersier

Kebutuhan tersier yakni kebutuhan yang sanggup dipenuhi sesudah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi dengan baik. Pada umumnya, pemenuhan kebutuhan tersier dilakukan oleh orang-orang yang berpenghasilan tinggi dan biasanya dipakai untuk menunjukkan status sosial. (https://blog.fe-saburai.ac.id/jenis-dan-contoh-jaringan-tumbuhan/)

Contoh kebutuhan tersier, antara lain kebutuhan rumah mewah, perhiasan, berlian, dan kendaraan beroda empat mewah. Kebutuhan primer setiap orang akan sama. Tentunya setiap orang akan membutuhkan rumah untuk daerah tinggalnya. Makan untuk kelangsungan hidupnya, minum untuk menghilangkan dahaga, serta pakaian untuk menjaga badan dari panas dan dingin.

Lain halnya dengan kebutuhan sekuder dan tersier. Setiap orang memiliki kebutuhan sekunder dan tersier yang berbeda-beda.

Bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah, kebutuhan akan sepeda motor menjadi kebutuhan yang mewah. Akan tetapi berbeda dengan orang yang berpenghasilan tinggi.

Kebutuhan akan sepeda motor menjadi kebutuhan sekunder. Perbedaan kebutuhan ini disebabkan lantaran perbedaan tingkat sosial ekonomi.

Kebutuhan insan menurut intensitasnya, (a) kebutuhan untuk minum merupakan kebutuhan primer, (b) kebutuhan berguru menjadi kebutuhan sekunder, (c) kebutuhan akan perhiasan merupakan kebutuhan tersier.