Jenis Kambing Unggulan di Indonesia

Jenis Kambing Unggulan di Indonesia

 

Jenis Kambing Unggulan di Indonesia
Jenis Kambing Unggulan di Indonesia

Salam sedulur peternak hebat, pada artikel sebelumnya saya telah menuliskan artikel tentang bagaimana Cara Beternak Kambing, Kali ini saya akan menjelaskan semua jenis jenis kambing yan ada di Indonesia beserta fotonya.

1. Kambing Marica.

Kambing yang berasal dari Sulawesi Selatan ini mempunyai bentuk fisik menyerupai kambing kacang, namun badanya relatif kecil jika dibandingkan kambing kacang, kambing marica mempunyai ciri ciri fisik yaitu telinga berdiri menghadap samping arahnya agak kedepan, relatif bertubuh kecil dan pendek seperti gambar diatas.

2. Kambing Muara.

Kambing yang berasal dari kecamatan muara, tapanuli utara sumut ini mempunyai tampilan badan yang gagah dan mempunyai warna bulu yang berfariasi bobot kambing muara lebih besar dibandingkan kambing kacang.

3. Kambing Kosta.

Kambing yang berasal dari banten ini mempnyai tubuh yang berperawakan sedang, mempunyai hidung yang rata, dan kadang ada yang melengkung, kambing kosta mempunyai tandung yang pendek dan juga berbulu pendek.

4. Kambing Samosir.

Kambing samosir adalah kambing yang di pelihara secara turun temurun oleh penduduk yang tinggal di pulau samosir si danau toba sumatera utara.

5. Kambing Gembrong.

Kambing yang berasal dari karang asem provinsi bali ini mempunyai ciri khas berupa berbulu panjang, kambing gembrong jantan merupakan kambing yang memiliki bulu yang lebih panjang dari pada kambing gembrong betina yang ukuran bulunya sekitar 2 – 3 cm, kambing gembrong mempunyai tubuh yang lebih besar dari pada kambing kacang namun lebih kecil dari kambing etawa (PE).

6. Kambing Kacang.

Kambing kacang merupakan kambing asli Indonesia , kambing kacang merupakan kambing yang banyak dipelihara oleh sebagian besar peternak kambing yang ada di Indonesia, kambing yang mempunyai ciri ciri telinga pendek tegak, leher pendek dan punggung meninggi. tinggi kambing kacang jantan berkisar antara 60 – 65 cm dengan bobot 25 kg sedangkan betina dewasa rata rata 56 cm dengan bobot 20 kg.

7. Kambing Bengala.

Kambing bengala merupakan hasil persilangan antara kambing kacang dan kambing black bengala yang berasal dari pulau flores Nusa Tenggara Timur.

8. Kambing Etawa (PE).

Kambing yang berasal dari persilangan kambing etawa dari India dan kambing kacang ini kambing yang tersebar di seluruh Indonesia, penampilanya menyerupai kambing etawah tapi lebih kecil, kambing yang biasa di manfaatkan daging dan susunya ini mempunyai ciri ciri telinga panjang dan terkulai, panjang teling 18 – 30 cm warna bulu bervariasi dari cokelat muda sampai hitam, berat kambing etawa jantan deawa berkisar 40 kg dan kambing etawa betina dewasa berkisar 35 kg.

Sumber: https://www.tanam.co.id/