Konsep Dasar Sejarah

Konsep Dasar Sejarah

Konsep Dasar Sejarah

  1. Pengertian

Sejarah merupakan istilah yang berasal dari bahasa Arab, Syjaratun yang berarti pohon. Dalam bahasa asalnya, istilah sejarah di ungkapkan dengan tarikh, yang berarti waktu atau kurun terjadinya peristiwa. Menurut Lingdern, istilah ini diguakan masyarakat nusantara atas dasar kebiasaan bangsa Arab (Baduy) menggunakan sejarah sebagai wahan mengukuhkan biografi seseorang atau rangkaian kekerabatan dalam keluarga yang bercabang seperti pohon. Secara ilmu pengetahuan lebih popular diungkapkan dengan kata latin scientia atau science (bahasa Inggris), yakni pemaparan sistematis non-kronologis mengenai gejala alam.

Berbagai pengetahuan mengenai peristiwa masa lalu yang diperoleh berdasarkan babad, hikayat, tambo dan penuturan lisan  perlu diuji berdasarkan metode dan bukti ilmiah. Para ahli sejarah, seperti Hatta, Garraghan, Moh.Ali, dan panitia Historiografi Dewan Riset Ilmu Sosial Amerika memberikan definisi sejarah secara berbeda-beda, tapi secara umum definisi mereka mencakup beberapa aspek berikut:

  1. Sejarah merupakan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lalu.
  2. Sejarah merupakan kisah yang diangakt berdasarkan peristiwa masa lalu.
  3. Sejarah merupakan proses penulisan yang harus memenuhi syarat-syarat tertentu sebagai ilmu.
  1. Ruang Lingkup Sejarah

Kajian sejarah meliputi dua aspek, yakni aspek konsep sejarah dan aspek implementasinya dalam menganalisis persoalan-persoalan kesejarahan (kritik sejarah). Konsep sejarah menyajikan prinsip-prinsip dasar yang diperlukan sebagai perangkat analisis dalam memahami persoalan kesejarahan, berupa konsep dasar, unsur-unsur dan metode sejarah. Kritik sejarah menelaah beberapa langkah-langkah dan hal-hal yang diperlukan dalam menelaah peristiwa kesejarahan hingga menghasilkan pengetahuan sejarah atau kebenaran sejarah. Dalam hal ini, belajar dan mengkaji sejarah bukan merupakan kegiatan yang statis, malah justru merupakan suatu telaahan yang dinamis ke masa yang akan datang. Sejarah sebagai bidang ilmu sosial, memiliki konsep dasar yang menjadi karakter dirinya. Komsep-konsep dasar itu adalah: waktu, dokumen, alur peristiwa, kronologi, peta, tahap-tahap peradaban, ruang, evolusi dan revolusi.

 

sumbe r:

Game of Thrones 1.56 Full APK + DATA