Kredit langsung

Merupakan sebuah kewajiban bank umum yang mampu memberikan sejumlah kredit dalam sektor-sektor tertentu.

  1. e) Jumlah kredit maksimum yang disalurkan melalui perbankan.
  2. f) Menentukan suku bunga pinjaman atau simpanan yang dilakukan oleh Bank Indonesia.
  3. g) Menentukan rasio likuiditas

Yaitu menetapkan bank umum untuk menyelamatkan mata uang dan menggalang dana untuk membiayai anggaran pemerintah.

  1. h) Mengutus bank umum untuk memberikan kredit pada sektor tertentu untuk masyarakat.

                      

  1. Instrumen Tidak Langsung

Sedangkan di dalam instrumen yang tidak langsung, kamu juga bisa menemukan beberapa faktor pokok yang mendorong seperti:

  1. a) Operasi pasar terbuka

adalah aktivitas jual beli surat berharga yang dilakukan oleh sejumlah bank sentral dan juga valas yang juga dilakukan di pasar valas. OPT ini dilakukan untuk mempengaruhi sejumlah tingkat dari suku bunga, likuiditas rupiah serta nilai tukar.

  1. b) Discount Requirement

adalah salah satu kewajiban dari bank umum untuk menyimpan sejumlah cadangan wajib tertentu dari dana pihak ketiga yang ada di dalam bank sentral sehingga mampu mempengaruhi sejumlah kemampuan dari bank umum dalam penyaluran kredit.

  1. c) Kebijakan Diskonto atau fasilitas diskon

Dilakukan untuk meningkatkan jumlah uang yang dikeluarkan. Caranya dengan menetapkan diskonto pada pinjaman bank sentral pada bank umum. Semakin tinggi jumlah diskonto yang ditentukan, maka semakin rendah pula jumlah uang yang dikeluarkan di masyarakat.

  1. d) Kebijakan Cadangan Kas atau Persyaratan Cadangan

Dilakukan melalui kebijakan bank umum untuk menambah atau meningkatkan cadangan kas. Cadangan kas ini bisa terdiri dari giro, deposito, tabungan, sertifikat deposito, dan berbagai jenis tabungan lainnya.

  1. e) Dorongan Moral

Adalah kebijakan yang dilakukan bank sentral untuk meningkatkan jumlah uang yang dikeluarkan. Bank sentral mengeluarkan pidato, mengumumkan, dan himbauan yang diajukan pada bank umum dan melepaskan ekonomi lainnya. Isi dari pengumuman tersebut adalah larangan untuk mempertahankan pinjaman atau melepaskan tabungan.

  1. f) Kredit Ketat

Merupakan kebijakan untuk mengalihkan uang yang dikeluarkan di masyarakat. Melalui kebijakan ini, bank umum dapat mengeluarkan dana pada masyarakat, namun harus berdasarkan persyaratan yang ketat dari bank sentral. Masalah ini diambil saat terjadi.

sumber :

https://avenuedjazz.com/vikings-apk/