Langit malam

Tidak peduli seberapa canggih Anda sebagai astronom amatir, selalu ada momen fundamental yang kita semua kembalikan. Ini adalah saat pertama kami keluar, di mana Anda benar-benar bisa melihat kosmos dan mengagumi langit malam. Bagi penduduk kota, itu adalah wahyu yang sangat mendalam seolah-olah kami telah menemukan alien yang tinggal di bawah kami. Sebagian besar dari kita mengabaikan panorama luas lampu yang menghiasi langit malam yang cerah saat tidak ada lampu kota yang mengaburkan pemandangan.

Tentu saja, kita semua menyukai pengalaman yang ditingkatkan dalam mempelajari langit dengan teropong dan teleskop dengan berbagai ukuran dan kekuatan. Tapi saya yakin Anda bisa ingat saat masih kecil saat pertama kali Anda melihat langit malam yang terlihat sempurna dengan semua konstelasi, meter dan komet yang menakjubkan, dan tampilan titik cahaya yang terlalu banyak untuk dihitung. . .

Cara terbaik untuk mendapatkan kembali keajaiban saat ini adalah pergi ke pedesaan dengan anak pilihan Anda, atau anak yang tidak pernah memiliki pengalaman itu, dan berada di sana saat mereka melihat ke atas dan ini. Kata berkata bahwa hanya itu seseorang dapat menyimpulkan perasaan yang mereka alami saat melihat langit yang mulia ini. Kata itu adalah – “Wow”.

Mungkin fakta paling fenomenal dari apa yang dilihat anak ini adalah juga apa yang paling sulit untuk dia pahami, besarnya apa yang ada di atas mereka dan apa yang dia wakili. Fakta bahwa hampir setiap titik di langit hampir pasti adalah bintang yang berbeda atau benda langit yang jauh lebih besar daripada bumi itu sendiri, bukan dua atau sepuluh kali lipat, tetapi dengan faktor ratusan dan ribuan, mungkin merupakan ide yang luar biasa. anak mereka. Anak-anak merasa cukup sulit membayangkan ukuran bumi untuk dirinya sendiri, apalagi sesuatu yang sebesar Luar angkasa, Last Frontier.

Tapi ketika berbicara tentang astronomi, kita akan lebih baik jika kita semakin terpesona dengan apa yang kita lihat di langit malam. Beberapa fakta menakjubkan tentang apa yang dilihat anak-anak dapat membuat mereka merinding ketika melihat ke langit. Fakta seperti …

* Matahari kita adalah bagian dari galaksi besar yang disebut Bima Sakti, yang terdiri dari ratusan miliar bintang seperti mereka atau lebih besar. Tunjukkan kepada mereka bahwa seratus miliar adalah 100.000.000.000 dan Anda pasti akan melihat rahang Anda.

* Susu hanyalah salah satu dari puluhan miliar galaksi, masing-masing juga mengandung miliaran bintang. Faktanya, Bima Sakti adalah salah satu galaksi kecil.

* Jika Anda ingin menyeberangi Bima Sakti, itu akan memakan waktu 100.000 tahun. Namun, Anda tidak dapat mencapai batas kecepatan. Anda harus melakukan perjalanan lima triliun, delapan ratus juta mil setahun untuk mencapai kecepatan itu.

* Para ilmuwan memperkirakan Bima Sakti berusia 14 miliar tahun.

Fakta-fakta kecil yang menyenangkan ini seharusnya memulai diskusi yang cukup hidup tentang asal-usul alam semesta dan kemungkinan perjalanan luar angkasa atau apakah ada kehidupan di planet lain. Anda dapat menantang anak-anak untuk menghitung bahwa jika setiap bintang di Bima Sakti mendukung sembilan planet dan hanya satu yang dapat dihuni seperti Bumi, berapakah kemungkinan adanya kehidupan di salah satunya? ? Saya pikir Anda akan sangat bersemangat untuk mencoba dan mencari tahu angka-angka ini.

Diskusi seperti itu bisa menyenangkan, mengasyikkan, dan penuh pertanyaan. Jangan terlalu terburu-buru untuk mematikan imajinasi Anda karena inilah kelahiran cinta seumur hidup untuk astronomi yang akan Anda alami. Dan jika Anda berada di sana sejak saat pertama Anda melihat langit malam ini, Anda akan menghidupkan kembali momen masa kecil Anda yang luar biasa. Dan itu bisa menciptakan antusiasme baru untuk astronomi di dalam diri Anda.