LAPORAN AKUNTANSI DASAR

LAPORAN AKUNTANSI DASAR

LAPORAN AKUNTANSI DASAR

Proses akuntansi pada dasarnya

akan menghasilkan keluaran berupa laporan rugi laba, laporan terjadinya perubahan modal, serta laporan neraca pada suatu perusahaan maupun organisasi lainnya. pada suatu laporan akuntansi wajib mencantumkan nama perusahaan, nama laporan, serta tanggal disusunnya laporan atau jangka waktu laporan tersebut.

Hal seperti itu penting untuk dilakukan guna mempermudah orang lain dalam memahaminya. Untuk laporan sendiri dapat bersifat periodik serta ada pula yang bersifat terikat waktu tertentu saja.

Dalam laporan akuntansi terdapat tiga cabang akuntansi yaitu:

1. Akuntansi Keuangan, merupakan cabang dari akuntansi yang menghasilkan keuangan bagi pihak eksternal seperti investor, kreditor, serta bapepam.
2. Akuntansi Manajemen, merupakan salah satu cabang dari akuntansi yang menghasilkan laporan keuangan untuk pihak internal dalam organisasi ataupun manajemen.
3. Akuntansi Pemerintah, merupakan cabang dari akuntansi yang melakukan proses transaksi keuangan pemerintah yang menghasilkan laporan keuangan sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan APBN ataupun APBD untuk rakyat melalui lembaga legislative serta untuk kepentingan berbagai pihak yang terkait.


Baca Juga :