Manfaat Luar Biasa Daun Saga Rambat Bagi Kesehatan

Manfaat Luar Biasa Daun Saga Rambat Bagi KesehatanManfaat Luar Biasa Daun Saga Rambat Bagi Kesehatan

Tanaman ini banyak tumbuh liar di sekitar pekarangan rumah, kebun atau di pinggiran jalan. Saga termasuk tanaman gulma, dan biasanya menganggu tanaman lain yang memang sengaja ditanam. Oleh sebab itu Karena dianggap mengganggu, tanaman lain, tumbuhan ini sering dibabat habis bahkan dibakar sekalian.

Manfaat Luar Biasa Daun Saga Rambat Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Saga Rambat
Saga rambat merupakan tumbuhan obat anti seriawan yang populer. Daun tumbuhan ini, apabila dikombinasikan dengan daun sirih, menjadi obat tradisional yang ampuh mengatasi seriawan. Khasiat ini berasal dari beberapa bahan aktif abrus lactone, asam abrusgenat, dan turunan metilnya. Daunnya juga mengandung glycyrrhizin. Selain mengobati sariawan tanaman ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati batuk.

Cara Menggunakannya

Berikut cara mengobati sariawan dengan menggunakan daun saga rambat. Anda dapat memetik daun saga secukupnya lalu di jemur di tempat yang agak panas beberapa menit sampai layu daunnya. Kemudian Setelah layu, cuci bersih daunnya dan dikunyah-kunyah sampai halus setelah selesai anda dapat gunakan untuk berkumur juga.

Tanaman obat keluarga atau biasa disingkat Toga merupakan tanaman yang bisa dibudidayakan di pekarangan rumah dan mempunyai manfaat sebagai obat-obatan herbal tradisional.

Penggunaan tanaman sebagai pengobatan herbal sudah dipraktekkan sejak jaman Mesir kuno sekitar 2500 tahun Sebelum Masehi.

Indonesia memiliki 30.000 jenis tanaman dari total 40.000 jenis tanaman yang ada di dunia, dan 940 jenis diantaranya merupakan tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk obat-obatan tradisional dalam kehidupan sehari-hari.
Hasil beberapa penelitian membuktikan bahwa obat (ramuan) tradisional yang di ramu dari tanaman obat lebih mudah dicerna oleh tubuh dan tidak terlalu menyebabkan efek samping. Sudah banyak negara maju yang mulai memproduksi obat-obatan dari tanaman herbal.

Berikut ini 60 jenis tanaman obat keluarga yang bisa anda budidayakan sebagai apotek hidup di pekarangan rumah.

1. Tanaman Obat Seledri

Seledri merupakan sayuran hijau yang rendah kalori. Daun seledri mengandung sekitar 16 kalori per 100 gram. Daun seledri selain biasa digunakan sebagai penambah aroma masakan, juga bisa digunakan sebagai tanaman obat keluarga.

Seledri mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan zat besi lainnya seperti kalium, mineral dan zat besi.

Beberapa manfaat daun seledri diantaranya dapat mengobati tekanan darah tinggi, mencegah pembentukan batu di kantung empedu, menenangkan sistem saraf, mengembalikan nafsu makan yang hilang, menghindarkan dari kanker perut dll.

Seledri juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan wajah, daun seledri yang dikonsumsi bisa mencegah timbulnya kerutan pada wajah.

Bisa juga digunakan sebagai masker, caranya beberapa daun seledri di iris kecil-kecil lalu dimasukkan ke dalam mangkuk yang berisi air mendidih. Biarkan selama 15 menit. Setelah harum, buang daun seledrinya dan air daunnya disimpan di lemari es. Gunakan air daun seledri tadi pada malam hari sebagai masker

Sumber: https://businessnews.id/samsung-galaxy-note-8-resmi-dirilis/