Minta IGORA Kota Bogor Gelar Event Olahraga Pelajar

 

Minta IGORA Kota Bogor Gelar Event Olahraga Pelajar

Wali Kota Bogor Bima Arya

Wali Kota Bogor Bima Arya meminta Ikatan Guru Olahraga (IGORA) Kota Bogor untuk mengadakan event olahraga yang dikhususkan bagi para pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat, hal ini bertujuan untuk mengurangi dampak dari perkembangan Penyakit Tidak Menular (PTM) yang sangat memprihatinkan dan sudah memasuki taraf gawat. Hal ini dikemukakan Bima saat menutup kegiatan IGORA Cup III Kota Bogor Tahun 2017 di Taman Ekspresi kawasan Sempur, Kota Bogor, Jumat (06/10/2017) pagi.

Di Kota Bogor ada dua tren negatif

Pertama, tren perkembangan PTM yang sangat memprihatinkan dan sudah masuk taraf gawat menurut saya, karena sudah menjadi penyebab kematian yang cukup tinggi di Kota Bogor, bahkan sudah tidak memandang usia lagi. Tren kedua, adalah kenakalan remaja dan kekerasan pada anak. Untuk yang kedua saya selalu katakan pencegahannya tidak hanya represif, tapi juga haus ditangani sejak awal yaitu preventifnya. Dari kedua tren tersebut, tenaga pendidik dan pemerintah memiliki peran yang strategis,” terang Bima.

Bima melanjutkan

Kedua tren tersebut seharusnya bisa diatasi ketika menggerakan kegiatan preventif, seperti berolahraga maupun melalui kegiatan positif lainnya. Ia memiliki keyakinan hal ini bisa dijalani IGORA Kota Bogor dengan peran yang dimiliki, IGORA menjadi yang terdepan untuk melaksanakan kegiatan tersebut. “Kedepan pelajar Kota Bogor akan dideteksi bakat-bakat olahraganya melalui induk olahraga yakni atletik atau lari, karenanya kita akan memulai dari situ,” katanya.

Melalui kegiatan olahraga, hal ini juga untuk menyelaraskan Kota Bogor sebagai kota olahraga, kota keluarga dan kota pelari (The City of Runners). Untuk teknis kegiatan ia menyerahkan kepada IGORA Kota Bogor. “Jika ditangani secara serius akan memiliki manfaat sebagai pembinaan, untuk waktunya bisa disesuaikan dengan kalender akademik para pelajar,” tuturnya.

Kecamatan Bogor Selatan

Bima juga tidak lupa mengingatkan kepada guru olahraga khususnya untuk lebih rutin berolahraga, sehingga mampu menginspirasi dan memotivasi kepada anak didiknya agar ikut rajin berolahraga.

Keluar sebagai juara IGORA Cup 2017 yakni Kecamatan Bogor Selatan. Hadir mendampingi Wali Kota, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor Fahrudin dan Sekretaris Disdik Kota Bogor Jana Sugiana.

Artikel terkait :