Ndalem Gedongkuning

Kali ini project kami adalah homestay yang tinggal di salah satu kawasan padat penduduk di Wonokatur, Banguntapan, Bantul, D.I. Yogyakarta. Klien kami awalnya mendekati BPA atas rekomendasi seorang kolega yang juga pecinta mobil vintage di komunitas VW. Dari awal diskusi, Munir sangat antusias bagaimana konsep retro hobinya bisa diterapkan pada desain rumah peristirahatan yang akan dibangun di masa depan. Jadi bangunan ini juga harus mewakili semangatnya di bidang ini dengan baik.

Lokasi proyek berada di komplek rumah keluarga dengan kavling yang akan dirancang sebagai “kantong”. Secara umum, ada dua komposisi dari masa yang ada: yang pertama adalah garasi untuk mobil dan rumah yang agak tua di bagian belakang rumah. Prihatin tentang kekuatan rumah, klien kami berinisiatif untuk sepenuhnya mengubah bentuk dan fungsi rumah. Awalnya, sebelum diputuskan untuk difungsikannya homestay ini, Munir sangat menginginkan kompleks apartemen tersebut dihuni kembali, mengingat saat ini hanya ibu dan saudara kandungnya saja yang tinggal di rumah induk dari depan. Dia ingin memberikan ruang atau kamar untuk anak atau kerabatnya yang datang berkunjung. Namun karena intensitas penggunaan yang jarang dan rumah induk di depan yang cukup luas, Munir mempertimbangkan untuk memilih fungsi homestay sebagai alternatif. Selain untuk meningkatkan produktivitas di satu sisi, di sisi lain, cita-cita semula untuk menciptakan suasana akrab bisa terwujud secara bersamaan.

Setelah membahas fitur ini secara mendetail, kami melanjutkan ke tahap desain. Kali ini, situsnya berorientasi ke timur, membentang dari timur ke barat. Inilah salah satu keunggulannya karena sisi terpanjang menghadap utara ke selatan. Dengan demikian, efek matahari pada komposisi bangunan akan lebih seragam, tetapi panas tidak berlaku. Kemudian, untuk mendukung fungsi ini, kami tidak melakukan komposisi massal dalam satu blok, tetapi memecahnya menjadi beberapa bagian. Sangat menarik bahwa klien kami tidak terlalu memaksakan penggunaan maksimum tanah dengan banyak ruangan. Ia dapat menerima informasi dari kami tentang ketersediaan area terbuka hijau yang cukup untuk sirkulasi udara, penerangan alami dan resapan air.