Pencemaran Lingkungan

 Pencemaran Lingkungan

 Pencemaran Lingkungan

  1. Permasalahan

Permasalahan tentang lingkungan sudah menjadi wacana lama bangsa Indonesia. Perkembangan jaman yang serba moderen ternyata juga berdampak pada lingkungan yang ada. Banyak pabrik mobil berinovasi membuat desain-desain baru. Konsumen pun tertarik membeli mobil baru itu. Akibatnya jalanan menjadi padat dipenuhi mobil berkapasitas lebih dari satu orang tersebut namun hanya ditumpangi sendiri. Selain jalan yang menjadi padat, gas yang dikeluarkan mobil itu menyebabkan polusi udara. Meski disadari kini mulai menerapkan teknologi ramah lingkungan. Tidak kalah dengan mobil, sepeda motor kini jumlahnya lebih banyak. Alat transportasi umum seakan tidak banyak diminati karena kualitasnya kurang standar yang mengakibatkan si pengguna kurang nyaman. Padahal alat transportasi ini dibuat untuk mengurangi kemacetan, polusi dan lain sebagainya, namun belumlah berhasil sukses. Saat terjadi kemacetan maka gas buang kendaraan semakin banyak sebab mereka yang tetap menyalakan mesin, menyumbangkan gas buang lebih banyak.

Saya menyuplik sedikit berita opini dari website yang menyebutkan “Awal abad XXI ini persoalan lingkungan telah bertambah semakin rumit. Persoalan lama masih banyak yang belum berhasil diselesaikan seperti sampah/MSW dan bencana alam yang telah menimbulkan dampak lingkungan, namun isu-isu baru (emerging issue) telah muncul, antara lain persoalan e-waste, B-3 dan perubahan iklim yang berdampak serius terhadap kesehatan manusia. Persoalan-persoalan baru tersebut telah menambah kerumitan permasalahan di kawasan perkotaan, karena sebagian besar sumbernya justru di wilayah perkotaan. Tuntutan hidup di perkotaan telah menimbulkan gaya hidup yang serba cepat dan menuntut penggunaan fasilitas modern seperti alat-alat elektrik dan elektronik serta konsumsi energi yang terus meningkat yang ternyata telah menimbulkan dampak negatip serius bagi kehidupan umat manusia.

Upaya untuk mewujudkan clean land, clean water dan clean air di daerah perkotaan perlu terus dilakukan, karena kualitas lingkungan yang buruk telah menimbulkan dampak serius bagi kehidupan manusia. Salah satu hasil kajian menunjukkan bahwa akibat lingkungan yang buruk, masyarakat miskin Indonesia terpaksa harus membelanjakan dana yang sangat besar (sekitar 43 triliun rupiah) untuk biaya pengobatan yang semestinya dapat di dayagunakan untuk keperluan yang lebih produktip dan bermanfaat langsung bagi peningkatan kualitas kehidupannya”.

Hal tersebut sangatlah kompleks, dan kita rasakan saat ini. Udara yang tidak segar, cuaca yang tidak menentu, matahari terasa menyengat (efek pemanasan global), menyebabkan turunnya kualitas kesehatan. Selain polusi udara karena kendaraan, sampah juga masih menjadi masalah. Masih banyak orang yang membuang sampah sembarangan. Tdak hanya mengotori, mengurangi keindahan, namun juga berbau, bahkan menyebabkan banjir karena sungai-sungai tersumbat sampah. Semua permasalahan-permasalahan tadi akan berdampak pada manusia (penghuni). Dan penyebab semua itu ya tidak lain juga manusia itu sendiri.

sumber :

Gun Fu: Stickman 2 1.22.1 Apk + Mod for android