PENDIDIKAN DI TAMAN KANAK-KANAK

PENDIDIKAN DI TAMAN KANAK-KANAK

PENDIDIKAN DI TAMAN KANAK-KANAK

A. Pendahuluan

Taman Kanak-kanak merupakan salah satu lembaga pendidikan formal dalam rangka system pendidikan nasional. Ruang lingkup tugasnya adalah melaksanakan pendidikan untuk anak usia 3-6 tahun. Anak pada usia TK akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan jasmani maupun rohani yang cepat dibandingkan dengan masa sesudahnya. Pada masa tersebut sebagian besar kecerdasannya akan berkembang secara menyolok.

B. Tujuan

Tujuan pendidikan TK adalah sesuai dengan pendidikan nasional yaitu mengembangkan dan membentuk watak serta pada bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan bangsa, untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab (Pasal 3, UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional)

C. Murid TK

Jumlah murid TK untuk 1 kelas B paling banyak 20 orang, demikian pula kelas A paling banyak 20 orang. Dalam proses belajar mengajar, sarana dan sumber belajar sangat membantu anak guna mencapai tujuan. Namun dalam prakteknya, jumlah murid dalam kelas TK bisa mencapai 40 siswa atau lebih. Beberapa taman kanak-kanak yang sesuai dengan ketentuan tersebut adalah taman kanak-kanak yang kekurangan murid dan taman kanak-kanak yang memang membatasi muridnya untuk menjaga kualitas pendidikan.

D. Ketenagaan TK

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0296 tahun 1978 tentang susunan organisasi dan tata kerja TK, yang bertugas di TK adalah : (a) Kepala TK, (b) petugas tata usaha, (c) guru-guru, (d) tenaga bimbingan dan penyuluhan.
Adapun tugas-tugasnya adalah sebagai berikut :
a. Kepala TK memimpin pelaksanaan pendidikan di TK
b. Tata usaha bertugas melaksanakan urusan tata usaha dan rumah tangga TK serta tugas-tugas lain yang dibebankan oleh Kepala TK
c. Guru-guru bertugas memberikan pendidikan/pengajaran di TK dan Tugas-tugas lain dalam rangka melaksanakan pendidikan di TK
d. Tenaga bimbingan dan penyuluhan bertugas memberikan bimbingan konseling kepada murid-murid TK

E. Pengelolaan TK

Dalam rangka penyelengaraan pendidikan TK yang tertib dan teratur diadakan kegiatan peningktan kemampuan pengelolaan pendidikan bagi kepala dan guru TK. Peningkatan kemampuan tersebut berdampak positif terhadap efisiensi dan efektifitas pelaksanaan proses belajar mengajar. Dengan demikian diharapkan peningkatan kualitatif pendidikan TK akan dapat terwujud.

Proses kegiatan pendidikan di TK juga berjalan melalui tahap-tahap perencanaan. Pengorganisasian, pelaksanaan, pengarahan, pengkoordinasian dan pengawasan. Dan proses ini harus dilalui agar pekerjaan dapat berhasil baik. Administrasi yang dilaksanakan di TK meliputi administrasi di bidang : (a) pengajaran/kurikulum, (b) kesiswaan, (c) kepegawaian (guru dan tata usaha, (d) keuangan, (e) perlengkapan/barang

Baca juga: https://www.seputarpengetahuan.co.id/2020/03/teks-proklamasi.html

Administrasi kesiswaan di TK merupakan salah satu usaha yang harus dilakukan dalam rangka kegiatan-kegiatan : (a) penerimaan siswa baru, (b) pengelompokan murid, (c) kehadiran dan ketidakhadiran siswa, (d) penilaian kemajuan siswa, (e) laporan kemajuan siswa, (f) bimbingan kepada siswa, (g) pelayanan kesehatan siswa, (h) mutasi siswa.

Administrasi perlengkapan juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan pengelolaan pendidikan TK secara keseluruhan. Adapun administrasi perlengkapan dapat diperinci dalam kegiatan : (a) perencanaan (kebutuhan dan biaya), (b) pengadaan, (c) penyimpanan, (d) penyaluran, (e) inventarisasi, (f) pemeliharaan, (g) penghapuan.