PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SAINS PADA ANAK USIA DINI

PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SAINS PADA ANAK USIA DINI

PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SAINS PADA ANAK USIA DINI
PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SAINS PADA ANAK USIA DINI

 

Tujuan Pembelajaran Sains Bagi Anak Usia Dini Menurut Para Ahli

Menurut Leeper (1994), pada hal-hal di atas secara umum menyampaikan bahwa pengembangan pembelajarn sains pada anak usia dini hendaklah di tujukan untuk merealisasikan empat hal yaitu:

Pengembangkan pembelajaran sains pada anak usia dini ditunjukan agar anak-anak memiliki kemampuan memecahkan masalah yang dihadapinya melalui penggunaan metode sains, sehingga anak-anak terbantu dan menjadi terampil dalam menyelesaikan berbagai hal yang dihadapinya.

Pengembangkan pembelajaran sains pada anak usia dini ditunjukan agar anak-anak memiliki sikap-sikap ilmiah. Misalkan tidak cepat-cepat dalam mengambil keputusan, dapat melihat segala sesuatu dari berbagai sudut pandang, berhati-hati terhadap informasi-informasi yang diterimanya serta bersifat terbuka.

Pengembangkan pembelajaran sains pada anak usia dini ditunjukan agar anak-anak mendapatkan pengetahuan dan informasi ilmiah (yang lebih dipercaya dan baik), maksudnya adalah segala informasi yang diperoleh anak berdasarkan pada standar keilmuan yang semestinya, karena informasi yang disajikan merupakan hasil temuan dan rumusan yang obyektif serta sesuai kaidah keilmuan yang menaunginya.

Pengembangan pembelajaran sains pada anak usia dini ditujukan agar anak-anak menjadi lebih berminat dan tertarik untuk menghayati sains yang berbeda dan ditemukan di lingkungan dan alam sekitarnya.

tujuan pembelajaran sains tujuan pembelajaran sains untuk aud tujuan pembelajaran sains aud tujuan pembelajaran sains untuk anak tujuan pembelajaran sains di tk tujuan pembelajaran sains di paud tujuan pembelajaran sains di kb tujuan pembelajaran sains untuk anak usia dini tujuan pembelajaran sains di PAUD tujuan pembelajaran sains anak usia dini tujuan pembelajaran sains bagi anak usia dini tujuan pembelajaran sains bagi anak tujuan pembelajaran sains bagi aud tujuan pembelajaran sains pada aud fungsi dan tujuan pembelajaran sains tujuan dasar pembelajaran sains apakah tujuan pembelajaran sains.

Baca Juga: Fungsi Lembaga Keluarga

Tujuan Dasar Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini

Dari seluruh uraian di atas, secara lebih rinci tujuan sains atau pengembangan pembelajaran sains pada anak usia dini dapat disimpulkan sebagai berikut :

· Membantu pemahaman anak tentang konsep sains dan kaitannya dengan kehidupan sehari- hari.
· Membantu melekatkan aspek-aspek yang terkait dengan keterampilan proses sains, sehingga pengetahuan dan gagasan tentang alam sekitar dalam diri anak menjadi berkembang.
· Membantu menumbuhkan minat pada anak untuk mengenal dan mempelajari benda-benda serta kejadian di luar lingkungannya.
· Memfasilitasi dan mengembangkan sikap ingin tahu, tekun, terbuka, kritis, mawas diri, bertanggung jawab , bekerjasama dan mandiri dalam kehidupannya.
· Membantu anak agar mampu menerapkan berbagai konsep sains untuk menjelaskan gejala-gejala alam dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
· Membantu anak agar mampu menggunakan teknologi sederhana yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang di temukan dalam kehidupan sehari-hari.
· Membantu anak untuk dapat mengenal dan memupuk rasa cinta terhadap alam sekitar, sehingga menyadari kebesaran dan keagungan Tuhan YME.