PENGERTIAN AKUNTANSI DASAR

PENGERTIAN AKUNTANSI DASAR

PENGERTIAN AKUNTANSI DASAR

Akuntansi merupakan

suatu proses pencatatan, pengklasifikasian, mengolah, meringkas, serta menyajikan data, transaksi beserta kejadian yang berhubungan langsung dengan keuangan, sehingga dapat digunakan oleh seseorang yang menggunakannya dengan pengertian yang mudah sehingga dapat mengambil suatu keputusan dan tujuan yang lainnya.

Akuntansi sendiri berasal dari kata accounting yang berarti menghitung atau mempertanggungjawabkan. Hampir seluru kegiatan bisnis di dunia dalam mengambil suatu keputusan pasti melibatkan adanya akuntansi, sehingga akuntansi disebut juga sebagai bahasa bisnis.

Sebenarnya poin penting dari akuntansi sudah terangkum dalam dasar-dasar akuntansi, hal demikian harus benar-benar dapat dipahami di luar kepala untuk dapat menjadi seorang akuntan yang handal. Dasar-dasar akuntansi sendiri meliputi konsep debit-kredit, penjurnalan, pemindahan jurnal ke dalam buku besar, serta membuat neraca saldo ataupun neraca percobaan serta menyajikan laporan keuangan.

Dengan demikian, maka dirasa anda perlu memahami persamaan dasar akuntansi , persamaan dasar akuntansi merupakan hubungan antara harga, hutang, serta modal yang dimiliki oleh perusahaan. Untuk tujuannya adalah untuk dasar pencatatan pada sistem akuntansi yang memiliki arti bahwa setiap kali terjadi transaksi harus tercatat dalam dua aspek yaitu sisi kiri (aktiva) dan sisi kanan (pasiva).

Keseimbangan antara sisi aktiva dan sisi pasiva merupakan persamaan dari dasar akuntansi. Apabila perubahan muncul akibat terjadinya transaksi keuangan, maka untuk keseimbangan harus terus dipertahankan. Ini dapat dijadikan dasar dalam mengerjakan akuntansi seperti mencatat jurnal hingga sampai pada laporan keuangan.


Sumber: https://www.friv5flash.org/epic-skater-apk/