Pengertian Kebijakan Moneter Menurut Para Ahli

                             

Beberapa pendapat tentang kebijakan ini dari para ahli diantaranya sebagai berikut ini:

  1. Boediono

    Menyatakan bahwa adanya tindakan pemerintah yang digunakan untuk mempengaruhi situasi makro yang sedang dilaksanakan.

    Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyeimbangkan antara persediaan yang dengan persediaan barang agar inflasi bisa jauh lebih terkendali dan juga tercapai kesempatan kerja yang penuh.

  1. Perry Warjiyo

    Menyatakan bahwa kebijakan ini adalah kebijakan otoritas moneter maupun bank sentral dalam bentuk pengendalian khususnya moneter sehingga mampu mengendalikan perkembangan kegiatan perekonomian.

Pertimbangan yang akan dilakukan adalah mempertimbangkan siklus kegiatan ekonomi, kemudian sifat perekonomian negara dan juga sejumlah faktor fundamental yang lainnya.

  1. Muana Nanga

    Menyatakan bahwa kebijakan ini dilakukan oleh otoritas moneter dengan mengendalikan sejumlah uang yang beredar dan tingkat bunga yang digunakan untuk mempengaruhi tingkat permintaan maupun agregat dan mengurangi ketidakstabilan yang terjadi dalam sejumlah perekonomian di Indonesia.

  1. Natsir

    Menyatakan bahwa seluruh tindakan yang dilakukan oleh bank sentral digunakan untuk mempengaruhi perkembangan variabel moneter seperti uang yang beredar, kemudian suku bunga, bahkan nilai tukar yang digunakan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu.

B.Instrumen Kebijakan Moneter

     Di dalam melaksanakan kebijakan moneter, bank sentral akan memanfaatkan sejumlah instrumen keuangan. Nah, untuk sejumlah instrumen keuangan yang digunakan diantaranya sebagai berikut ini:

  1. Instrumen Langsung

Di dalam sejumlah instrumen langsung, kamu bisa menemukan beberapa faktor pokok yang mendorong seperti:

  1. a) Penetapan suku bunga

 Merupakan penetapan tingkat suku bunga simpanan maupun suku bunga pinjaman yang dimiliki oleh Bank Sentral atau bank Indonesia.

  1. b) Penetapan Pagu Kredit

 Merupakan batasan jumlah maksimal kredit yang akan diberikan oleh pihak perbankan.     

  1. c) Rasi likuiditas

Merupakan sebuah kewajiban bank umum yang digunakan untuk menjaga sejumlah mata uang tertentu dalam bentuk persenan dan digunakan untuk menghimpun dana yang digunakan untuk membiayai anggaran pemerintahan

sumber :

https://www.aboelwen.com/lost-artifacts-apk/