PENGERTIAN MANAJEMEN RISIKO PERUSAHAAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MANAJEMEN RISIKO PERUSAHAAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MANAJEMEN RISIKO PERUSAHAAN MENURUT PARA AHLI

Commitee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission (COSO)

menyebutkan bahwa manajemen tersebut merupakan proses yang dilakukan dewan direksi. Proses tersebut dilakukan bersama-sama dengan manajemen dan personil lain. Hasil dari proses ini nanti diwujudkan dalam penetapan strategi dan berlaku untuk seluruh perusahaan.

Adam Smith yang dikenal sebagai bapak ekonomi dunia berpendapat bahwa manajemen resiko perusahaan merupakan proses identifikasi, pengukuran, dan kontrol keuangan. Sehingga meminimalisir dan menghindari risiko yang berpotensi mengancam aset dan income sebuah proyek atau perusahaan.

Sementara itu, Djojosoedarso juga mengambil peranan dalam interpretasi tersebut. Ia berpendapat bahwa hal tersebut merupakan pelaksanaan dari fungsi manajemen untuk menanggulangi risiko. Lebih ditegaskan lagi terhadap risiko yang tengah dihadapi perusahaan atau suatu organisasi.

Djohanputro menyebutkan pengertian dari manajemen risiko suatu perusahaan mulai dari proses identifikasi, yang dilanjutkan dengan pengukuran dan pemetaan. Selain itu, manajemen yang mengembangkan alternatif penanganan risiko, memonitor, dan melakukan upaya penanganan terhadap risiko. Semua proses yang disebutkan Djohanputro dilakukan secara sistematis dan terstruktur.

Sedangkan, Dorfman memiliki pandangan berbeda terhadap suatu manajemen risiko. Beliau mengartikan proses logis yang dilakukan dalam usaha bertujuan untuk menganalisa eksposur dari kerugian. Terakhir, Tampubolong mengemukakan pendapatnya terhadap pengertian merupakan suatu proses terarah dan sifatnya proaktif. Tujuannya adalah agar dapat mengakomodasi kesempatan gagal dalam satu atau sebagian transaksi dan instrumen.


Sumber: https://shellymartinez.org/busybox-pro-apk/