Perumusan Masalah Kewarganegaraan

Perumusan Masalah Kewarganegaraan

Perumusan Masalah Kewarganegaraan
Perumusan Masalah Kewarganegaraan

Untuk memperoleh hasil yang baik dari suatu pemecahan masalah, haruslah ada kejelasan dari masalah itu sendiri. Kejelasan yang dimaksud dapat diwujudkan yang dalam istilah ilmiyahnya disebut problematik. Masalah pokok yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah:

1. Bagaimana pelaksanaan pengajaran pendidikan kewarganegaraan dalam upaya pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011?
2. Bagaimana realitas wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011?
3. Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi upaya-upaya dalam pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011?

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui pelaksanaan pengajaran pendidikan kewarganegaraan dalam upaya untuk pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011.
2. Untuk mengetahui realitas wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011.
3. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi upaya-upaya dalam pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011.

Manfaat atau Kegunaan Penelitian

1. Manfaat atau Kegunaan Teoristis
a. Menemukan gambaran yang kongkret tentang pelaksanaan pengajaran pendidikan kewarganegaraan dalam upaya untuk pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011.
b. Menemukan gambaran yang kongkret tentang realitas wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011.
c. Menemukan gambaran yang konkret tentang faktor-faktor yang mempengaruhi upaya-upaya dalam pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011.

Manfaat atau Kegunaan Praktis

a. Memberi masukan yang berguna kepada para guru pendidikan kewarganegaraan untuk mengoptimalkan pelaksanaan pengajaran pendidikan kewarganegaraan, dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan di kalangan siswa.
b. Memberi masukan penting kepada para pemimpin sekolah, guru pendidikan kewarganegaraan dan juga para siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam pelaksanaan pengajaran pendidikan kewarganegaraan yang berwawasan masa depan.

Baca juga: