Promosi Penjualan


Menurut Julian Cummins (1991:11)Promosi sebagai serangkaian teknik yang digunakan untuk mencapai sasaran penjualan atau pemasaran dengan penggunaan biaya yang efektif, dengan memberikan nilai tambah pada produk atau jasa baik kepada para perantara maupun pemakai langsung, biasanya tidak dibatasi dalam jangka waktu tertentu.

Sementara menurut Tjiptono (2008:229) definisi promosi penjualan adalah bentuk persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segera atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli oleh pelanggan.

2.2 Diskon
Menurut Fandy Tjiptono (2008:166) diskon merupakan potong harga yang diberikan oleh penjual kepada pembeli sebagai penghargaan atas aktifitas tertentu dari pembeli yang menyenangkan bagi penjual.

Sementara menurut Kotler (2007:485) diskon adalah penyesuaian harga dasar untuk memberikan penghargaan kepada pelanggan atas reaksi-reaksi tertentu, seperti pembayaran tagihan lebih awal, voleme pembelian, dan pembelian di luar musim.
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Promosi Penjualan
3.1.1 Definisi Promosi
secara umum yaitu mengenalkan produk dan jasa kepada konsumen agar lebih mengenal produk dan jasa baik yang masih baru atau produk yang telah lama agar lebih meningkatkan kepercayaan terhadap suatu merek tertentu, sedangkan tujuan dari promosi adalah untuk meningkatkan penjualan produk, barang, dan jasa dengan kata lain meningkatkan keuntungan.

3.1.2 Definisi Penjualan

Penjualan adalah suatu usaha yang terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pemebeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba (Marwan, 1991). Penjualan merupakan sumber hidup suatu perusahaan, karena dari penjualan dapat diperoleh laba serta suatu usaha memikat konsumen yang diusahakan untuk mengetahui daya tarik mereka sehingga dapat mengetahui hasil produk yang dihasikan. Menurut Winardi (1982), penjualan adalah suatu transfer hak atas benda-benda. Dari penjelasan tersebut dalam memindahkan atau mentransfer barang dan jasa diperlukan orang-orang yang bekerja dibidang penjualan seperti pelaksnaan dagang, agen, wakil pelayanan dan wakil pemasaran.

sumber :
https://islamuswest.org/2020/06/11/seva-mobil-bekas/