Resep Praktis Teri Balado

Resep Praktis Teri BaladoResep Praktis Teri Balado

Balado salah satu masakan khas Minangkabau selain rendang yang sudah mendunia. Keduanya sama-sama masakan dengan rasa pedas yang khas.

Jika rendang bahan utamanya berupa daging dengan bumbu dan santan yang dimasak sampai kering. Lain lagi dengan balado. Bahan untuk balado bisa ikan, teri, telur atau udang yang dimasak dengan cabai dan bumbu lainnya tanpa santan.

Dokpri

Cabai yang digunakan biasanya cabai keriting yang diulek sampai halus. Lalu diberi tambahan bumbu dapur lain untuk menambah cita rasanya.

Jika kita makan balado di restoran Padang, rasa pedasnya sangat terasa. Karena itulah salah satu ciri khas masakan Minangkabau. Pedas dan terasa bumbunya.

Lalu bagaimana jika kita ingin merasakan masakan balado tetapi tidak terlalu suka rasa pedas? Maka cara terbaiknya adalah membuat balado sendiri. Cabai yang digunakan bisa kita perhitungkan. Sehingga rasa pedasnya pun bisa kita kira-kira.

Masalahnya masak balado itu agak ribet. Karena harus mengulek cabai dengan jumlah yang tidak sedikit. Bagi yang tidak suka ribet dan malas mengulek cabai, tentu ini perjuangan tersendiri.

Diblender saja. Sekarang ini semua kan serba praktis. Malas mengulek tinggal diblender. Benar. Masalahnya sebelum memblender tentu kita perlu menyiapkan cabai dan memotongnya kecil-kecil. Kegiatan memotong cabai ini jika tidak hati-hati bisa membuat tangan kecapean.

Kecabean adalah rasa panas yang terasakan di tangan akibat getah cabai yang melekat di tangan. Rasanya tidak enak sekali. Dan tidak mudah hilang. Lalu bagaimana?

Mudah saja. Kita bisa memasak balado tanpa ribet alias praktis. Saya akan memberikan resep praktis masak teri balado tanpa ribet.

Pertama siapkan bahan-bahannya. Yaitu:

– teri jengki atau teri Medan
– cabai giling (beli di pasar)
– minyak goreng
– bumbu dapur (daun jeruk, salam, dan lengkuas)
– penyedap

Cara membuat:

– goreng teri dengan minyak secukupnya
– angkat dan tiriskan
-tumis cabai giling dengan minyak secukupnya
– beri sedikit air agar tidak kering
-masukan daun jeruk, daun salam dan lengkuas
– aduk sampai daun terlihat layu
– masukan teri yang sudah digoreng
– aduk sampai rata
-angkat setelah dirasa semua sudah tercampur rata
– balado siap dihidangkan

Dokpri

Bagaimana? Mudah dan praktis bukan? Sekarang kapan pun bisa menyiapkan menu balado di rumah. Dengan variasi yang berbeda-beda. Bisa balado teri, balado telur dan balado udang. (EP)

 

POS-POS TERBARU