SAH Ingin 2018 Banyak Sekolah Laksanakan UNBK

SAH Ingin 2018 Banyak Sekolah Laksanakan UNBK

SAH Ingin 2018 Banyak Sekolah Laksanakan UNBK
SAH Ingin 2018 Banyak Sekolah Laksanakan UNBK

Pimpinan Komisi X DPR RI, Sutan Adil Hendra (SAH) menginginkan tahun

2018 lebih banyak sekolah yang mampu melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Pernyataan ini disampaikan ketika menjawab pertanyaan wartawan terkait pelaksanaan ujian nasional, Sabtu (23/12) lalu.

“Komisi X DPR menginginkan ada peningkatan jumlah sekolah yang melaksanakan UNBK di tahun 2018 nanti,” ujarnya.

Harapan ini disampaikannya mengingat tahun 2017 secara nasional baru 28. 320 sekolah di semua tingkatan yang melaksanakan UNBK. Angka ini diharapkan bisa meningkat secara tajam 2018 nanti.

Menurut anggota DPR Fraksi Partai Gerindra ini, peningkatan sekolah yang melaksanakan UNBK bisa menjadi gambaran kesiapan sumber daya pendidikan kita di era globalisasi yang bertumpu penguasaan teknologi informasi.

“UNBK ini cerminan seberapa maju bangsa kita dalam penguasaan teknologi

informasi di era persaingan global,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa SAH ini mengakui ada beberapa kendala yang masih menjadi masalah pelaksanaan UNBK di tanah air. Pertama, masalah infrastruktur UNBK yang berupa ketersediaan komputer yang belum memadai di sekolah, termasuk kurangnya masalah listrik dan jaringan internet di daerah pedalaman belum lagi kondisi geografis Indonesia yang kepulauan.

Kedua masalah sebaran dan mutu sekolah yang belum merata. Semua itu bisa terlihat dari sekolah di pulau terluar, tidak banyak sekolah yang memiliki tenaga terampil dalam hal komputer dan jaringan.

Dari berbagai tantangan itu , kata SAH, UNBK tetap merupakan situasi yang

tidak bisa dihindari di era globalisasi sekarang. “UNBK membuat ujian lebih efisien dan menjamin transparansi dan kejujuran dalam memetakan mutu pendidikan di Indonesia. Karena tantangan pendidikan saat ini adalah memadukan ilmu pengetahuan dengan teknologi informasi,” pungkasnya.

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/F6QD9LS