Sejarah Awal Mula Fotografi

Sejarah Awal Mula Fotografi

Sejarah Awal Mula Fotografi
Sejarah Awal Mula Fotografi

Sobat, hayo ngaku siapa dantara kamu yang langsung jepret-jepret saat bangun tidur, lagi masak, siap dandan, lagi pakai aksesoris atau apapun moment kamu abadikan dengan kamera? Yah fenomena selfie kini memang menjadi salah satu trend seiring berkembangnya sosial media. Nah untuk para selfie, dunia fotogrfi tentunya menjadi hal penting untuk mengekspresikan diri kamu bukan? Tapi tahu gak bagaimana Sejarah Awal Mula Fotografi?

Arti Kata Fotografi

Fotografi berasal dari bahasa Yunani yakni photos yang berarti cahaya dan Grafo yang artinya menulis atau melukis. Fotografi merupakan teknik untuk menghasilkan gambar yang tahan lama melalui suatu reaksi kimia yang  terjadi, ketika cahaya menyentuh permukaan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Ternyata istilah itu muncul jauh setelah teknologinya ditemukan yaitu pada tahun 1839.

Berikut ini merupakan orang-yang yang mempunyai jasa besar dalam bidang fotografi hingga era digital. Pertama adalaha Al Hazen pada tahun 1000 M , pelajar berkebangsaan Arab ini merupakan penemu dari konsep fotografi. Ia menuliskan bahwa citra dapat dibentuk dari cahaya yang melewati sebuah lubang kecil.

Hal yang sama juga dituliskan oleh Leonardo Da Vinci sekitar 400 tahun kemudian. Penemuan Da Vinci tersebut kemudian di bukukan oleh Battista Delta Porta dengan judul Camera Obscura yang berasal dari bahasa latin yaitu camera yang berarti kamar dan obscura yang artinya gelap.  Dengan publikasi ini, Battista dianggap sebagai penemu prinsip kerja kamera.

Memasuki abad 17

dunia fotografi mengalami kemajuan. Jika pada awalnya hanya pada konsep proyeksi sebuah image atau citra, pada era ini sudah mengarah pada cara untuk merekam citra tersebut. Penemuan tersebut dihasilkan oleh Angelo Sala dari Italia yang menuliskan bahwa jika serbuk perak nitrat terkena cahaya maka warnanya akan berubah menjadi hitam. Namun kendalanya adalah rekaman dengan menggunakan serbuk itu tidak bertahan lama.

Pada tahun 1824

Joseph Nieephore Niepee Nieephore Niepee, seorang lithograf berhasil membuat gambar permanen pertama yang dapat disebut “FOTO” dengan tidak menggunakan kamera, melalui proses yang disebutnya Heliogravure atau proses kerjanya mirip lithograf dengan menggunakan sejenis aspal yang disebutnya Bitumen of judea, sebagai bahan kimia dasarnya. Kemudian di cobanya menggunakan kamera, namun ada sumber yang menyebutkan Niepee sebagai orang pertama yang menggunakan lensa pada camera obscura.

Baca juga artikel: