SEJARAH BOLA BASKET DI AMERIKA

SEJARAH BOLA BASKET DI AMERIKA

SEJARAH BOLA BASKET DI AMERIKA

Bola basket pertama kali

diciptakan oleh seorang guru pendidikan jasmani yaitu Dr James Naismith. Sebenarnya beliau adalah berkebangsaan Kanada, namun beliau pindah ke Amerika Serikat. Pada tahun 1891, James pindah ke Amerika Serikat untuk mengajar di sebuah sekolah Internasional yang dikenal dengan YMCA.

Pada tahun 1892, permainan bola basket mulai dimainkan, atau bertepatan pada tanggal 20 Januari. Pada saat itu James ingin membuat permainan yang membutuhkan keterampilan bukan hanya membutuhkan kekuatan fisik saja. Sehingga ia membuat permainan yang dapat dimainkan di tempat yang relatif kecil atau ruangan tertutup.

Pada saat itu, ia mulai menciptakan permainan yang melibatkan bola dan gawang seperti permainan sepak bola, hanya teknik permainanya yang berbeda. Pada saat itulah permainan bola basket mulai dikenal oleh siswa YMCA dan mulai menyebar di berbagai daerah di Amerika Serikat.

Kompetisi bola basket yang pertama diadakan di pantai timur di Amerika Serikat, Boston, dan Philadelphia. Pada tahun 1896, bertepatan pada tanggal 7 November permainan basket profesonal mulai dilakukan untuk pertama kali di Trenton New Jersey.

Pada pertandingan tersebut diikuti oleh dua tim yaitu tim brooklyn dan trenton. Dimana pada babak pertama trenton unggul. Setelah 2 tahun, didirikan sebuah organisasi bernama NBL yang dari situ banyak dibentuk liga lokal dan berlangsung selama 5 musim.

Pada tahun 1920, basket di Amerika menjadi olahraga kelas dua. Sehingga dibentuk ABL pada tahun 1925 yang merupakan sebuah organisasi persatuan basket Amerika. Dari ABL tersebut banyak grup yang bergabung dan mengikuti berbagai kompetisi basket yang ada di berbagai daerah dan dunia.


Baca Juga :