SEJARAH BOLA BASKET DI INDONESIA

SEJARAH BOLA BASKET DI INDONESIA

SEJARAH BOLA BASKET DI INDONESIA

Permainan bola basket sudah

menyebar di berbagai dunia termasuk di Indonesia. Sejarah bola basket di Indonesia ini berawal dari sejarah basket di dunia. Hingga akhirnya menyebar dengan sangat pesat dan masuk ke dalam negara Indonesia bersamaan dengan masuknya bangsa penjajah atau Belanda di Indonesia.

Pada tahun 1920, terdapat perantau dari Cina yang membawa permainan basket terebut di negaranya. Pada saat itu mereka membentuk komunitas dan mendirikan sebuah tempat sekolah yang pada saat itu dinamakan sebagai sekolah Tionghua.

Sekolah tersebut mempunyai peraturan untuk wajib bermain basket ketika olahraga. Sehingga setiap sekolah di Cina pasti mempunyai lapangan basket. Hingga tahun 1930, dimana negara Indonesia sudah mulai mengenal dan mengetahui permainan basket tersebut, dan mempelajarinya secara diam-diam.

Pada saat Indonesia merdeka, pada tahun 1945. Indonesia sudah mempunyai tim basket yang baik. Setelah pembacaan teks proklamasi Indonesia, barulah permainan bola basket ini mulai berkembang dan menyebar di berbagai daerah di Indonesia.

Pada saat Pekan Olahraga Nasional pertama diadakan di Solo, permainan basket sudah mengikuti event tersebut. Dari situlah, basket mulai dikenal semakin luas, dan akhirnya pada tanggal 23 Oktober 1951, Indonesia membentuk sebuah organisasi cabang olahraga basket ini yang dikenal dengan istilah Persatuan Basket Ball Seluruh Indonesia atau disingkat dengan PBSI.

Dengan terciptanya PBSI tersebut, tim bola basket Indonesia mulai diterima oleh FIBA yang merupakan sebuah federasi bola basket internasional. Dari sejarah bola basket tersebut, hingga sekarang permainan basket masih eksis dan berkembang sangat pesat sampai sekarang.


Sumber: https://www.reset931.net/freeze-2-brothers-apk/