Sejarah sebagai cerita

Sejarah sebagai kisah adalah cerita berupa narasi yang disusun berdasarkan pendapat seseorang, rnemori, kesan atau taf’siran manusia terhadap suatu peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Disebut sejarah sebagai subyek yang arlinya sejarah tersebut telah mendapatkan penafsiran dari penyusunan cerita sejarah. Dalam hal ini sejarawan mempunyai peran sebagai “The Man Behind the Gr.m”, artinya mereka menlusun cerita sejarah berdasarkan jejak-jejak sejarah (sejarah sebagai peristiwa) namun tetap dipengaruhi oleh sudut pandang sejarawan itu sendiri.

Ada banyak cara untuk memilah ihformasi dalam sejarah, antara lain:

. Berdasarkan kurun waktu (kronologis).

. Berdasarkan wilayah (geografis).

. Berdasarkan negara (nasional).

. Beldasarkan kelompok suku bangsa (etnis).

. Berdasarkan topik atau pokok bahasan (topikal).

Dilihat dari ruang lingkupnya yang begitu luas, bila dibagi lagi menjadi satu pembahasan yang tematik, maka akan muncul belasan cakupan sejarah, diantaranya:

  1. Sejarah Sosial

Berdasarkan buku pengantar ilmu sosial, karangan bapak Dadang (2008). Pengertian sejarah social dibuat oleh Trevelyn dalam bukuna English Social History, A Survey of Six Centuries (1942). Ia berpendapat bahwa sejarah social adalah sejarah tanpa nuansa politik.

Lain lagi yang dikatakan oleh Robert J Bezucha (1972:x), menurutnya sejarah social itu ialah sejarah budaya yang mengkaji kehidupan sehari – hari anggota – anggota masyarakat dari lapisan yang berbeda – beda dan dari periode yang berbeda – beda pula.

Menurut Hobsbawm (1972:2) di dalam sejarah social itu diakui sejarah dari orang – orang miskin atau kelas bawah; gerakan – gerakan sosial; berbagai kegiatan manusia, seperti tingkah laku, adat istiadat, kehidupan sehari – hari; sejarah social dalam hubunganya dengan sejarah ekonomi.

  1. Sejarah Ekonomi

Sebenarnya sejarah ekonomi ini lebih merupakan perpaduan dari dua disiplin ilmu, seperti namanya yaitu ilmu sejarah dan ilmu ekonomi. Sejarah ekonomi mulai dianggap sebagai bidang studi tersendiri dimulai dengan dibentuknya Economic History Society pada tahun 1926, dan jurnalnya yang begitu terkenal “Economic History Review” yang mulai terbita pada tahun 1927. Selain itu dibentuknya “National Beureu of Economic Research” pada tahun 1920.

sumber :

https://duniabudidaya.co.id/seva-mobil-bekas/