Teori Estimasi Produksi dan Fungsi Produksi

Secara konsep, produksi adalah kegiatan menghasilkan sesuatu baik berupa barang, (seperti pakaian, sepatu, makanan), maupun jasa (pengobatan, urut, potong rambut, hiburan, manajemen). Dalam pengertian sehari-hari, produksi adalah mengolah input, baik berupa barang atau jasa, manjadi output berupa barang atau jasa yang lebih bernilai atau lebih bermanfaat.

Teori produksi merupakan teori pemilihan atas berbagai alternatif, terutama menyangkut keputusan yang diambil oleh seorang produsen dalam menentukan pilihan atas alternatif-alternatif yang ada. Produsen berusaha dalam memaksimalkan produksi yang dapat dicapainya dengan suatu kendala biaya tertentu agar dapat dihasilkan keuntungan yang maksimal.

Seperti tersirat di atas, teori dan faktor produksi di butuhkan untuk melakukan, atau menghasilkan produksi. Kedua hal tersebut diperlukan pengambilan keputusan atau mengetahui bagaimana mengolah faktor-faktor produksi secara optimal, sehingga menghasilkan produksi yang juga optimal.

Teori produksi adalah prinsip ilmiah dalam melakukan produksi, yang meliputi :

  1. Bagaimana memilih kombinasi penggunaan input untuk menghasilkan output dengan produktivitas danefisiensi tinggi.
  2. Bagaimana menentukan tingkat output yang optimal untuk tingkat penggunaan input tertentu.
  3. Bagaimana memilih tekhnologi yang tepat sesuai dengan kondisi perusahaan.

Fungsi Produksi

Seperti disinggung di muka, dalam melakukan analisis terhadap berbagai fenomena ekonomi juga perlu dipahami fungsi-fungsi dalam ekonomi. Dengan demikian, maka fungsi produksi ini di tunjukkan dalam bentuk matematis antar faktor-faktor (input) produksi dengan keluaran (output) produksi. Penggunaan fungsi produksi ini akan membantu para pengambil keputusan produksi. Penggunaan fungsi produksi ini akan membantu  para pengambil keputusan produksi, untuk mengetahui bagaimana mengolah faktor-faktor produksi secara optimal, sehingga menghasilkan produksi yang juga optimal. Oleh karena itu,maka fungsi produksi (Q) dapat di rumuskan sebagai berikut :

Sumber :

https://pesantrenkilat.id/400-benda-peninggalan-viking-dicuri-dari-museum-norwegia/