Tips Dan Trik Agar Laptop Tidak Lemot Lagi

Tips Dan Trik Agar Laptop Tidak Lemot Lagi

Tips Dan Trik Agar Laptop Tidak Lemot Lagi
Tips Dan Trik Agar Laptop Tidak Lemot Lagi

Tak jarang kita dibuat kesal oleh laptop atau komputer

Yang sedang kita gunakan karena tanpa alasan yang jelas tiba-tiba kinerjanya lambat alias lemot. Daripada hanya bisa bergumam dan kesal sendiri karena alat kerja kamu tak mau berkompromi, coba lakukan hal berikut untuk mengurangi risiko laptop sering lemot. Tak perlu jadi seorang IT canggih untuk melakukannya kok, intip aja tips berikut ini.

 

LAKUKAN DEFRAGMENT PADA HARD DISK

Defragment harddisk dilakukan untuk memperbaiki posisi data pada hard disk. Kadang susunan data pada hard disk tidak berurutan dan berantak sehingga komputer dipaksa untuk kerja keras untuk mencari data yang kamu cari. Untuk kurangi beban kerja prosesor dalam mencari data yang kamu inginkan, sering lakukan Degragment hard disk agar data lebih tertata.

 

BUANG DATA YANG TIDAK PENTING

Terlalu banyak data yang Sobat Shopee simpen dalam hard disk internal adalah penyebab lain dari melambannya kinerja sebuah komputer atau laptop. Jika koleksi foto atau film sudah terlalu banyak, ada baiknya disimpan di USB harddrive eksternal daripada memenuhi memori internal perangkatmu. Lakukan pengosongan data paling tidak dua kali setahun agar laptop atau komputer lebih awet.

 

NON-AKTIFKAN SYSTEM INDEX SEARCH

Proses berikut sedikit lebih ribet namun dapat menambah kapasitas kerja laptop, terutama pada bagian hard disknya. Karena proses index pada komputer memakan banyak resource dengan menon-aktifkan fitur ini beban komputer bisa dikurangi.

Lakukan proses berikut untuk menon-aktifkan proses index pada komputer atau laptop berbasis Windows Sobat

Klik [Start] pada kotak [Search] ketik[services.msc] tekan [Enter] cari [Search] dan pilih [Stop]

Semoga ketiga tips yang disebut di atas cukup membantu Sobat Shopee percepat kinerja laptopnya. Jika masih menghadapi masalah, ada baiknya untuk bawa ke tempat servis karena ada kemungkinan salah satu perangkat kerasnya tidak berfungsi dengan baik.

Baca Juga :