Topang Edukasi dengan Teknologi

Topang Edukasi dengan Teknologi

Topang Edukasi dengan Teknologi
Topang Edukasi dengan Teknologi

DI layar tablet yang dipegang Satria Bagas Ramanda, Senin (7/11) siang itu, tiba-tiba muncul notifikasi. Ada materi pembelajaran yang baru dikirimkan guru fisikanya, Laila Heluth. Siswa kelas XII IPA 1 SMAN 74 Jakarta itu pun membukanya, membaca, lantas mengerjakan beberapa soal. Ketika Satria mencoret-coret layar menggunakan stylus untuk mencari jawaban yang paling tepat, Laila bisa langsung melihat semua catatan itu di layar tabletnya.

Tak hanya itu, Laila bisa melihat data dan pengerjaan soal yang dilakukan

muridnya saat itu juga. Bila sudah selesai, Satria langsung meng-input jawaban dan mengirimkannya ke guru untuk dinilai. Demikian juga Retno Dwi Pratiwi yang berselancar mencari penjelasan tambahan di internet. Itu pun tidak lepas dari pengawasan gurunya. Guru bisa memantau apabila murid membuka situs atau aplikasi yang tidak semestinya dibuka.

Teknologi yang sedang mereka gunakan ialah Fujitsu Education Solution K-12

Learning Information Utilization System V1 Chietama. Tablet yang digunakan adalah Fujitsu Tablet Arrows Tab Q704/H. Tablet tersebut dilengkapi dengan keyboard yang bisa dilepas-pasang, jadi bisa difungsikan selayaknya notebook. Di sisi lain, ada juga stylus tablet bawaan, membuat materi bisa secara interaktif ditandai, dicoret, dinilai, dan seterusnya.

Uji coba

Mulai 7 November hingga 23 Desember 2016 mendatang, SMAN 74 Jakarta

menjadi tempat digelarnya uji coba education support system. Uji coba dilakukan di satu kelas berisikan 36 siswa. Fujitsu memfasilitasi mereka dengan 20 tablet, dua di antaranya untuk guru. Alhasil, proses pembelajaran interaktif itu masih harus dilakukan secara bergiliran bila menyangkut pengerjaan soal.

 

sumber :

https://gumroad.com/gurupendidikan/p/heroes-arena-apk