Tujuan Sejarah

 Tujuan Sejarah

 Tujuan Sejarah

Tujuan sejarah dapat dipilah ke dalam dua kategori, yakni sejarah sebagai ilmu pengetahuan dan informasi. Sebagaimana umumnya pengetahuan ilmiah, sejarah terkait erat dengan beberapa konsep dan perspektif yang menjadi titik tolak kajiannya. Hal ini mengakibatkan sejarah memerlukan seperangkat instrumen keilmuan agr memenuhi tingkat validitas ilmiah. Peran tersebut hanya akan dapt diberikan oleh sejarah manakala pemahaman sejarah dibangun melalui metode keilmuan yang dapat di pertanggungjawabkan secara ilmiah.

Oleh karena itu, kajian terhadap sejarah seharusnya disertai dengan pemahaman dan penguasaan konsep-konsep dasar sejarah. Secara konseptual, sejarah pada dasarnya berkenaan dengan tiga aspek konseptual yang mendasarinya, yaitu konsep tentang perubahan, konsep waktu dan konsep kontinuitas. Dalam sejarah manusia dapat memahami prinsip-prinsip hidup dan kebudayaan yang berubah dan tidak berubah. Manusia juga dapat memahami keberhasilan dan kegagalan para pemimpin, bentuk-bentuk pemerintahan, sistem perekonomian yang pernah ada, dan hal-hal penting lain dalam kehidupan manusia dari waktu ke waktu.

  1. Manfaat Ilmu Sejarah

Ada beberapa manfaat yang dapat kita peroleh jika kita mempelajari sejarah, antara lain :

  1. Dengan sejarah kita dapat mengetahui peristiwa-peristiwa yang telah terjadi di masa lampau.
  2. Pengetahuan tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau dapat dijadikan sebagai pelajaran bagi kita di kehidupan sekarang.
  3. Pelajaran yang terjadi di masa lampau juga dapat kita gunakan sebagai modal kehidupan masa depan kita.

sumber :

Dead Rivals – Zombie MMO 1.1.0e Apk (PRO) for android