UNJ Gelar Studium Generale Peran Strategis BUMN

UNJ Gelar Studium Generale Peran Strategis BUMN

UNJ Gelar Studium Generale Peran Strategis BUMN
UNJ Gelar Studium Generale Peran Strategis BUMN

BUMN memiliki peran penting dalam penyelenggaraan perekonomian nasional guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat. BUMN turut hadir sebagai bagian dari pembangunan Indonesia baik secara langsung melalui keterlibatan dalam proyek-proyek strategis nasional.

“Sehingga BUMN harus mampu go public lebih intens, lebih transparan untuk memberikan gambaran dimasyarakat tentang Bagaimana BUMN sangat potensial pendorong perekonomian di Indonesia,” ujar Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra Samal saat memberikan kuliah umum di Prodi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Selasa (15/10/2019).

Menurut Hambra, menghadapi tantangan perubahan di era revolusi industri

4.0, sumber daya manusia yang berkualitas sangat penting untuk disiapkan. Hal ini tidak lepas dari peran tenaga pendidik yang mampu menghasilkan generasi yang unggul dan kompetitif.  UNJ sebagai salah satu LPTK diharapkan dapat memberikan kontribusi dan semangat inovasi dalam mengembangkan kampus unggul dan siap menghadapi berbagai tantangan global, melalui kegiatan kegiatan program studi menjadi ujung tombak dalam meningkatkan kapasitas keilmuan para mahasiswanya.

Dalam Studium Generale dengan tema “BUMN dan Kedaulatan Negara“, Hambra Samal yang juga menjabat Wakil Komisaris Utama Bank BNI menekankan pentingnya meningkatkan kapasitas dan wawasan mahasiswa untuk mensosialisasikan bahwa BUMN merupakan aset penting bangsa dalam menjaga kedaulatan Negara. Terlebih, Prodi Pendidikan IPS merupakan salah satu Program Studi di Fakultas Ilmu Sosial, memiliki tantangan menghasilkan lulusan guru yang berkarakter, profesional dan memenuhi standar nasional serta memiliki keunggulan kompetitif dalam mengembangkan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan pendekatan transdisiplinaritas.

Kegiatan Studium Generale dibuka secara langsung oleh Rektor UNJ Dr.

Komarudin Sahid, M.Si. Dalam sambutannya Komarudin mengingatkan pentingnya keberadaan BUMN bagi  sebuah Negara,dalam undang undang dasar Negara 1945, BUMN hadir dalam perwujudan pasal 33 ayat 1 sampai 3.statemen tersebut mengingatkan bahwa peran strategis BUMN dalam menjaga kedaulatan Negara secara ekonomi.

“Ada banyak sekali BUMN yang bergerak dalam roda perekonomian Indonesia.

Pembicara melanjutkan bagaimana keberadaan BUMN yang ada saat ini dikaitkan aspek-aspek kedaulatan Negara. Melalui kegiatan ini mahasiswa diharapkan lebih mengenal BUMN secara aktual . melalui kegiatan ini pembicara menekankan bahwa kegiatan semacam ini menjadi treager atau memiliki dampak positif agar kita sebagai bangsa mau ikut menjaga dan ikut aktif dalam membantu percepatan ekonomi dengan ikut memperbesar dan menggunakan produk produk BUMN,” ujar Komarudin.

 

Baca Juga :